Cara Cek Tagihan Listrik via SMS, Online dan Aplikasi di HP Android

Permarksaran.com - Siapa bilang cek tagihan listrik sulit? Kini hanya dengan sebuah handphone, Anda bisa cek tagihan listrik.
Tapi handphone saya bukan Android, bukan iPhone dan tidak ada jaringan internetnya? Apa bisa?
Tentu saja bisa. Ya, cukup dengan SMS Anda bisa cek tagihan listrik rumah dengan sangat mudah.

Kini teknologi PLN memang sudah maju dan berinovasi. Dengan inovasi tersebut, kita sebagai pengguna akan lebih mudah dalam membayar tagihan dan cek tagihan listrik yang telah kita gunakan.

Khusus untuk Anda yang ingin tahu cara cek tagihan listrik via sms, berikut ini langkah-langkahnya

Faslitas cek tagihan listrik via SMS ini bisa dilakukan melalui beberapa oprator seluler (Sebagai catatan, untuk saat ini penulis hanya pernah melakukan via oprator Telkomsel, Indosat dan XL. Namun tidak menutup kemungkinan oprator lainnya pun bisa).

Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

  1. Buka menu SMS di hand phone Anda, lalu ketik SMS menggunakan format: REK (spasi) No ID Pelanggan Anda. Setelah itu kirim ke 8123

  2. Untuk Anda yang ingin berlangganan SMS secara otomatis, Anda dapat mengetik format sebagai berikut:

  3. PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan Anda, kemudian ke 8123

  4. Untuk berhenti belangganan Anda dapat mengetik SMS dengan format: PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan Anda, kemudian kirim ke 8123
Setiap SMS yang Anda terima, akan dikenakan biaya biaya sebesar Rp. 500 per SMS-nya. Tarif ini flat, berlaku untuk semua operator.

Itulah cara cek tagihan listrik via sms. Cara tersebut merupakan cara yang paling mudah di antara cara-cara lainnya. Cukup dengan hand phone dan pulsa Rp. 500 rupiah, Anda bisa tahu berapa tagihan listrik rumah Anda.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN via Online

Agar dapat melakukan pengecekan tagihan listrik PLN via online, yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi PLN Indonesia atau membuka halaman cek tagihan listrik.
Perhatian!

Kekurangan atau permasalahan yang kerap terjadi ketika mengcek tagihan listrik langsung ke website PLN, yaitu permasalahan teknis dari server website tersebut, di mana server terkadang tidak merespon dengan baik, atau sering mengalami down.

Ketika sudah berada di halaman cek tagihan rekening listrik, Anda dapat masukkan Nomor ID Pelanggan di kolom yang telah tersedia, kemudian tekan Cek untuk melihat hasil atau data mengenai tagihan listrik yang Anda miliki.

Apabila sudah muncul, maka data yang terlampir yaitu mengenai tagihan listrik terbaru beserta informasi mengenai status yang sudah terbayarkan atau belum.

Cara cek tagihan listrik dengan online juga memiliki kelebihan, yaitu Anda tidak hanya dapat melihat tagihan terbaru saja, namun juga dapat mengecek status pembayaran dan biaya tagihan bulan – bulan sebelumnya.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN via Aplikasi Android

Untuk cara cek tagihan listrik yang terakhir, Anda harus mengguankan handphone Android. Ya, memang kali ini kita akan menggunakan aplikasi Android.

Caranya, yaitu dengan mebuka aplikasi Playstore di Android, kemudian masukan keyword ‘Info Cek Tagihan Listrik PLN’ di kolom pencarian. Anda dapat juga membuka link Aplikasi Info Cek Tagihan Listrik PLN berikut.

Setelah lanjutkan dengan menginstal aplikasi. Tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan, jika sudah, Anda dapat membuka aplikasi tersebut lalu buka menu CEK TAGIHAN >> Jenis Tagihan (Pilih PLN Bulanan) >> Masukan Nomor ID Pelanggan Anda di kolom Nomor Pelanggan dan pilih Lanjutkan.

Bagaimana? Mudah bukan? dengan begitu, Anda bisa cek tagihan listrik dengan banyak cara yang mudah. Itulah beberapa tips dan cara cek tagihan listrik via sms, online dan Aplikasi di HP Android.

Postingan terkait: