Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lembut

Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lembut - Donat merupakan salah satu makanan sejenis roti. Makanan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga masyrakat Indonesia.

Dengan bentuk yang unik, yaitu bulat dengan sebuah lubang di tengahnya, sekilas membuatnya mirip dengan ciri bentuk cincin.

Apabila donat umumnya berbahan dasar tepung terigu, namun kini banyak pula yang mengkombinasikannya dengan menambahkan kentang dalam adonan donat.



Donat kentang cenderung lebih empuk dan lembut dibandingkan donat yang hanya dibuat dengan tepung terigu saja. Maka tidak heran, banyak sekali yang mencari resep membuat donat kentang empuk dan lembut saat ini.

Lantas, bagaimana sih cara membuat donat kentang empuk dan lembut itu? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat donat kentang.

Sekilas, cara dan bahan membuat donat kentang ini sama, namun ada beberapa langkah dan bahan yang ditambahkan pada adonan donat kentang.

Bahan-bahan Membuat Donat Kentang

  1. 1/2 kg tepung terigu
  2. 4 butir telor ayam
  3. 1/4 Kg kentang
  4. 1/4 Kg mentega
  5. 11 gram ragi instan
  6. 1 sendok teh garam
  7. 4 sendok makan gula (Sesuai dengan selera masingmasing)
  8. 3 sendok makan susu bubuk
  9. 1 sendok teh baking powder
  10. 1/2 gelas air sekitar 100 ml
  11. Minyak goreng secukupnya 

Bahan untuk Topping atau Hiasan Donat Kentang:

  1. 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC) atau 1 buah coklat batangan
  2. 2 sendok makan margarin
  3. Coklat meses atau tepung gula

Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lembut

  1. Pertama kupas dan potonglah kentang hingga menjadi beberapa bagian, jika sudah rebus kentang yang sudah dipotong tadi hingga matang.
  2. Kemudian, haluskan kentang dengan cara menumbuknya hingga hancur. Tumbuk kentang saat masih panas. Hal ini akan membuat kentang mudah halus dan tidak keras.
  3. Setelah itu, masukan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder ke dalam adonan kentang yang telah dihaluskan sebelumnya. Jika sudah, aduk lah bahan secara merata. Aduk kurang lebih sekitar 20 menit lamanya.
  4. Aduk hingga adonan menjadi setengah kalis. Jika sudah, diamkan hingga 30 menit, atau sampai adonannya mengembang.
  5. Sebagai catatan, jangan mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan adonan tidak mengembang sempurna, bahkan bertekstrur kaku.
  6. Kemudian masukkan garam, mentega, dan air. Setelah itu aduk hingga adonan benar-benar kalis. Proses pengadukan sekitar 10 menit.
  7. Kalis adalah kondisi dimana adonan terasa tidak lengket di tangan, dan memiliki tekstru yang sedikit lentur. Namun, untuk adonan donat sedikit berbeda. Walaupun sudah terlihat kalis, adonan donat akan tetap lengket. Hal ini wajar saja, karena memang bahan adonan menggunakan campuran kentang.
  8. Setelah itu, bagi adonan kedalam beberapa bagian. Jika sudah, diamkan selama 15 menit. Biakan adonan donat kentang benar-benar mengembang.
  9. Bentuk adonan seperti bentuk huruf O. Kamu juga bisa membentuknya sesuai selera.
  10. Jika sudah, Tuangkanlah minyak ke dalam sebuah wajan penggorengan, lalu goreng adonan donat dalam api suhu kecil. Goreng hingga donat mulai berwarna kecoklatan. 
  11. Gunakan sumpit sebagai alat bantu menggoreng donat. Sumpit berguna sebagai alat bantu agar lingkaran lubang pada donat dapat sempurna.
  12. Goreng dengan api kecil, dengan minyak cukup banyak. Kurang lebih hingga donat dapat tenggelam setengah bagian. Pastikan bagian bawahnya tidak menyentuh dasar wajan penggorengan.

Cara Menghiasi Donat Kentang agar Lebih Menarik


Jika ingin donat kentang yang kamu buat lebih menarik, kamu bisa menghiasnya dengan menaburkan coklat meses pada bagian atas. Agar coklat meses dapat menempel sempurna kamu bisa menggunakan mentega.

Apabila kamu ingin membuat donat kentang dengan toping coklat cair, kamu bisa mengiris kecil-kecil terlebih dahulu coklat blog menggunakan pisau. Kemudian masukkan dua sendok margarin beserta coklat yang telah kamu iris kecil-kecil tadi ke dalam wajan anti-lengket. Setelah itu masak hingga coklat mencair.

Jangan masak terlalu lama, karena mencairkan coklat dengan kondisi api besar atau dalam tempo lama, akan mengakibatkan rasa coklat menjadi gosong. Masak hingga coklat dirasa sudah cukup mencair saja.

Jika sudah, kamu dapat mencelupkan bagian atas donat ke dalam coklat cair yang telah kamu buat tadi. Kamu juga bisa menambahkan taburkan meses di atasnya.

Itulah cara dan resep membuat donat kentang empuk dan lembut. Mudah dan sederhana bukan?

Semoga resep donat kentang ini bisa menginspirasi kamu membuat makanan dan cemilan sendiri. Selain lebih sehat, pastinya bisa lebih hemat.

Atau mungkin bisa menginspirasi kamu untuk berbisnis jualan donat sebagai bisnis sampingan.

Postingan terkait: