Cara Membayar Pajak Motor (STNK) Tahunan dan 5 Tahunan

Permarksaran.com - Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara, begitu juga dengan pajak kendaraan. Untuk Anda yang baru memiliki kendaraan, baik motor atau mobil, tentu juga dibebankan untuk membayar pajak, yang disebut pajak kendaraan bermotor. Umumnya, pajak ini dibebankan setiap satu tahun sekali.

Kewajiban  pajak kendaraan dimuat dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 tahun 2009, yang memuat tentang kewajiban setiap pemilik kendadaarn bermotor untuk membayar pajak (BPKP) dalam kurun waktu 1 tahun sekali.

Syarat dan Cara Membayar Pajak Motor

Selain pajak motor tahunan, ada pula pajak kendaraan bermotor 5 tahunan. Baik pajak tahunan ataupun 5 tahunan, sebenarnya memiliki skema pembayaran yang sama. Namun, ada tahap tambahan yang harus dilalui saat membayar pajak kendaraan 5 tahunan.

Lantas, apa syarat dan bagaimana cara membayar pajak motor itu, berikut ini ulasannya.

1. Mengisi Formulir Perpomohonan Perpanjang STNK

Langkap pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir permohonan perpanjang STNK sesuai dengan data yang tertera di STNK lama dan BPKB Anda. Untuk mendapatkan formulir tersebut, Anda bisa menanyakannya di loket pendaftaran ataupun pintu masuk Samsat domisili Anda.

Di beberapa samsat, salah satunya Samsat Cinere, Anda tidak perlu mengisi formulir lagi. Cukup menyerahkan berkas-berkas dan dokumen pendukung saja.

Berkas dan dokumen sebagai syarat membayar pajak motor tahunan

  1. STNK yang asli + Fotocopy

  2. Fotocop BPKB

  3. KTP asli pemilik kendaraan yang sah + Fotocopy

Untuk proses perpanjangan pajak motor tahunan, Anda juga bisa melakukannya di Samsat keliling. Jangan lupa untuk membawa BPKB Asli dan KTP pemilik kendaraan yang sah.

Berkas dan dokumen sebagai syarat membayar pajak motor 5 tahunan

  1. Melakukan cek fisik kendaraan bermotor (Jika Anda tidak tahu tempatnya, Anda bisa tanyakan dahulu ke petugas. Usahakan dating lebih awal karena prosesnya sedikit lama dan mengantri. Di Samsat Cinere, tahap ini dimulai pada pukul 8 pagi

  2. STNK Asli + Fotocopy

  3. Fotocopy BPKB

  4. KTP asli pemilik kendaraan yang sah + Fotocopy

Berkas dan syarat dokumen tersebut dimasukanke dalam map

2. Menyerahkan ke Loket Pendaftaran

Apabila diwajibkan mengisi formulir, maka Anda harus mengisinya secara lengkap terlebih dahulu, namun apabila tidak membutuhkan formuir, maka setelah berkas dan syarat tadi telah Ada persiapkan Anda bisa langsung menyerahkannya di loket pendaftaran.

3. Melakukan Pembayaran Pajak di Loket Pembayaran

Jika sudah, Anda dapat menunggu antrian nomor urut. Anda dapat menunggu di bangku yang telah dipersiapkan, Agar pengunjung tidak bosan, biasanya pihak Samsat telah mrnyediakan TV di beberapa sudut, serta wifi gratis.

Tidak lebih dari 20 menit, Anda akan di panggil untuk diberi slip pembayaran Pajak. Di sana sudah tercantum jumlah biaya pajak yang harus Anda bayar. Setelah membayar, Anda akan diberi slip atau kuitansi pembayaran.

4. Menunggu Pengambilan STNK di Loket Pengambilan

Setelah melakukan pembayaran, Anda dapat menunggu kembali di loket pengambilan STNK. Tunggu hingga nama Anda dipanggil, kemudian serahkan bukti pembayaran di loket tersebut.

Untuk proses pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan, setelah melakukan pembayaran pajak STNK, Anda dapat melanjutkan ke tahap pengambilan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau yang biasa disebut TNKB. Setelah itu, plat nomor Anda akan dicetak oleh petugas. Tahap ini memakan waktu kurang lebih 10-15 menit

Itulah beberapa syarat dan cara membayar pajak motor (STNK) tahunan dan 5 tahunan. semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.

Postingan terkait: