Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik dengan Mudah dan Tepat

Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik - Bagi orang tua, pendidikan anak adalah hal terpenting. Untuk itu, banyak orang tua yang mempersiapkan pendidikan terbaik bagi buah hati mereka.

Sayangnya, permasalahan seputar biaya pendidikan yang terus meroket kerap kali menjadi batu sandungan.

Tentu dengan memiliki asuransi pendidikan anak terbaik, orang tua dapat mempersiapkan hal itu dengan jauh lebih masak.

Untuk Anda yang berencana membeli asuransi pendidikan bagi anak Anda, ada baiknya Anda membaca beberapa poin penting berikut dari artikel kali ini.

Khususnya untuk Anda yang memang berencana ingin membeli dan memilih produk asuransi pendidikan anak terbaik yang sesuai dengan kondisi keungan Anda saat ini dan nanti dengan mudah dan tepat.

Apa saja itu? Berikut uraiannya:

1. Segera Buat Perencana

Sebelum memilih dan membeli polis asuransi pendidikan anak terbaik yang tepat untuk si kecil, Anda harus membuat rencana pendidikan mereka.

Rencana ini berguna sebagai panduan Anda dalam menentukan produk asuransi pendidikan anak yang sesuai dengan mereka.

Anda harus memikirkan bagaimana jenjang pendidikan mereka nantinya. Ingin setinggi apa pendidikan yang dicapainya, serta memilih bidang atau jurusan kuliah yang seperti apa.

Sebagai orang tua, tentu kita ingin mengarahkan bidang pendidikan yang terbaik untuk buah hati. Memang, terkadang kita tidak bisa mengarahkan sepenuhnya keinginan kita kepada mereka, termasuk dalam hal pendidikan dan masa depan.

Walaupun hal tersebut dipengaruhi oleh passion mereka nanti, namun tidaklah salah jika Anda menyiapkan pilihan pendidikan yang baik buat masa depan mereka.

Contohnya, Anda ingin si kecil kelak menempuh jurusan kedokteran, tentu penilaian dan persiapannya akan berbeda dengan jurusan akutansi atau jurusan non medis lainnya.

Maka dari itu, membuat perencanaan di awal dapat memberikan Anda gambaran yang lebih terarah.

2. Lakukan Riset Seputar Biaya

Persoalan seputar asuransi memang tidak lepas dengan persoalan biaya dan keuangan. Untuk itu, riset dalam memperkirakan biaya yang akan Anda tanggung nanti adalah keharusan.

Anda bisa memprediksi secara kasar biaya apa saja yang akan Anda keluarkan dalam mendukung pendidikan si anak kelak.

Sama seperti point pertama, biaya pendidikan jurusan A dan B tentu tidaklah sama.

Maka dengan riset yang tepat, Anda dapat memperkitakan gambaran biaya secara umum. Sehingga Anda dapat menentukan besaran dana yang akan Anda tanggung di setiap bulannya.

3. Cari Tahu Perusahaan Asuransi yang Dipilih

Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar dapat memilih produk asuransi pendidikan anak terbaik dengan tepat dan sesuai kebutuhan Anda, Anda harus memperhatikan dengan betul bagaimana kinerja dari perusahaan asuransi tersebut.

Tidak hanya seputar biaya dan manfaat yang diberikan, namun juga persoalan respond dan pelayanannya.

Lihat bagaimana track record perusahaan tersebut. Mudahnya, Anda bisa mencari informasi di internet baik dari forum, sosial media dan lini blog atau website pribadi para nasabahnya.

Lihat bagaimana reaksi mereka terhadap perushaan asuransi tersebut. Bandingkan apakah lebih banyak informasi seputar komplain, atau mungkin rasa puas yang mereka tulis dan sampaikan di sana.

4. Sesuai Kemampuan Finansial

Apa asuransi pendidikan anak terbaik itu harus mahal? Tentu tidak. Terbaik bukan berarti mahal, namun tepat dan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Memang, urusan finansial kerap menjadi hal yang krusial di semua lini kehidupan manusia. Jika sebelumnya kita melihat atau meriset seputar biaya pendidikan, kali ini kita dapat melihat lebih spesifik tentang keuangan diri kita sendiri.

Jika Anda sudah memperkirakan biaya untuk asuransi pendidikan anak sebesar sekian Rupiah, maka Anda akan lebih mudah melihat seberapa besar premi yang bisa Anda tanggung setiap bulannya nanti.

Jangan sampai premi tersebut malah memberatkan Anda di kemudian hari.

Boleh saja memilih asuransi pendidikan anak yang lebih mahal dan lengkap, namun pastikan juga Anda sanggup memenuhi premi tersebut.

Jangan sampai polis kontrak Anda terputus di tengah jalan karena tidak lagi mampu membayarnya.

5. Polis yang Bisa Memberikan Keuntungan dan Fleksibel

Program asuransi berbeda dengan menabung di bank, di mana dana menabung bisa ditarik kapan dan di mana saja sesuai keinginan Anda.

Asuransi pendidikan anak merupakan jenis asuransi yang ditujukan untuk jangka panjang, yaitu dapat diambil ketika anak berusia tertentu, dan siap masuk jenjang pendidikan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Maka, Anda pun dituntut mampu melihat beberapa sisi dan aspek kelebohan yang ditawarkanf perusahaan asuransi tersebut, mengingat keuntungan itu bernilai relative.

Namun yang pasti, Anda disarankan memilih polis asuransi pendidikan yang fleksibel, di mana bisa diklaim sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkan dana untuk kebutuhan pendidikan anak.

Daftar Perusahaan Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Untuk Anda yang tertarik membeli asuransi pendidikan, berikut ini beberapa daftar produk asuransi pendidikan anak terbaik yang bisa Anda pilih. Banyak perusahaan dan produk asuransi pendidikan yang beredar saat ini. Produk di bawah ini hanya sebagai rekomendasi saja.

1. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)

Perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak 1995 ini menawarkan beberapa produk asuransi pendidikan, yang diantaranya:

PRUmy child, yaitu asuransi pendidikan anak terbaik yang dimiliki prudensial. Asuransi ini cukup lengkap dalam memberikan perlindungan komprehensif sejak saat dalam kandungan, dilahirkan, sampai usia dewasa, mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, juga pendidikan.

Namun, perhatikan juga kebutuhan si kecil dan keuangan Anda. Semakin lengkap, tentu biaya preminya akan semakin mahal.

PRUlink Edu Protection, yaitu produk terkait investasi yang dapat memberikan santunan dana setiap bulan ketika terjadi risiko.

2. Manulife

Produk asuransi pendidikan anak selanjutnya adalah Manulife. Produk yang di tawarkan diantaranya:

ProGraduate, yaitu program asuransi yang membantu Anda mempersiapkan dana pendidikan bagi si kecil sejak masuk perguruan tinggi sampai berusia 23 tahun.

Dengan manfaat pembayaran tunai sebagai dana pendidikan total hingga 250% dari uang pertanggungan, serta masa pembayaran premi yang cukup fleksibel.

StudyLink merupakan program asuransi plus investasi yang akan membantu Anda mempersiapkan dana pendidikan anak melalui pengambilan dana yang diinvestasikan secara terjadwal, dimulai dari usia anak 6 sampai 23 tahun.

3. AXA Mandiri

Asuransi Mandiri Tabungan Rencana adalah produk asuransi pendidikan anak yang dirancang untuk membantu Anda mempersiapkan dan mewujudkan impian masa depan si kecil, dimulai pendidikan anak, pernikahan, sampai persiapan pensiun nanti.

Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah merupakan salah satu produk asuransi jiwa yang ditujukan untuk membantu perencanaan keuangan ketika musibah datang, serta memberikan manfaat asuransi pendidikan unit link dengan penwaran tingkat investasi yang kompetitif.

4. AJB Bumiputera 1912

Mitra Beasiswa, yaitu produk asuransi yang mampu memberikan perlindungan anak dan biaya pendidikan mulai dari TK hingga bangku pendidikan yang lebih tinggi, terlepas dari perubahan keadaan keuangan.

Mitra Cerdas, yaitu salah satu program asuransi yang mampu menyediakan biaya pendidikan terkait dengan investasi, sehingga dana yang dipersiapkan untuk biaya pendidikan, nilainya akan meningkat sejalan dengan hasil investasi tersebut.

Itulah beberapa contoh pilihan asuransi pendidikan anak terbaik yang bisa Anda pilih.

Tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk memilih dan membandingkan produk asuransi pendidikan terbaik yang cocok dengan kebutuhan si kecil dan keuangan Anda nanti.

Setiap orang tua pasti menginginkan semua hal yang terbaik untuk si buah hati, termasuk juga Anda.

Postingan terkait: