Membeli Asuransi Mobil Harus Cermat, Bukan Berarti Mahal!


Sebelumnya kita telah membahas tentang situs & website seputar mobil. Kali ini kita akan membahas cara memilih asuransi mobil terbaik. Memang, memiliki asuransi mobil tentu menjadi keharusan. Terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar.

Kriminalitas dan bencana yang kerap kali terjadi, tentu mengharuskan kita memiliki asuransi untuk mencover kemungkinan hal tersebut. Lantas, Bagaimana cara mendapatkan asuransi mobil terbaik untuk mobil Anda?

Jika mencari asuransi mobil terbaik, tentu persoalannya buka dengan harga mahal dan murah dari premi yang ditawarkan. Namun, lebih kepada sesuai dan tepat tidaknya asuransi yang Anda daftarkan dengan kondisi mobil yang Anda miliki saat ini.

Untuk lebih mempermudah dalam memilih asuransi mobil terbaik untuk mobil Anda, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal berikut terlebih dahulu.

 1. Seberapa Besar Budget yang Tersedia

Besarnya nilai premi asuransi mobil yang Anda keluarkan, tentunya sedikit banyak akan berpengaruh pada proteksi atau perlindungan yang akan Anda terima. Semakin mahal biaya premi, maka proteksi yang akan Anda dapatkan akan semakin lengkap.

2. Lihat Kondisi Mobil

Melihat kondisi mobil juga penting saat akan berburu asuransi mobil. Sebelum membeli produk asuransi mobil, pertama Anda harus memperhatikan kondisi mobil yang Anda miliki saat ini. Apakah masih baru, atau sudah cukup tua dan berusia 5 tahun ke atas.

Dengan melihat kondisi tersebut, hal itu akan membantu Anda memperkirakan besaran premi yang harus Anda bayarkan.

3. Seberapa Sering Anda Mengguankan Mobil

Seberapa sering Anda menggunakan mobil? Apakah mobil sering digunakan untuk berpergian jarak jauh? Hanya dalam kota saja? Atau hanya beberapa kali digunakan dalam 1 bulannya.

Nyatanya hal ini juga berpengaruh dengan resiko yang akan Anda terima nanti. Apabila mobil cukup sering digunakan, maka resiko terjadinya kerusakan akanlebih tinggi. Untuk itu pastikan Anda memilih asuransi yang mampu meng-cover hal tersebut.

Pilihlah jaminan atau proteksi asuransi mobil yang sesuai. Jika memang mobil tersebut sering digunakan, maka sebaiknya Anda pilih proteksi yang paling lengkap.

Hal ini bertujuan untuk menanggulangi berbagai kemungkinan dan resiko kecelakaan yang mungkin saja terjadi pada mobil Anda. Jika mobil tergolong jarang digunakan, maka pilih asuransi dasar saja.

4. Tentukan Proteksi Seusi Kebutuhan

Membeli proteksi pilihan sesuai kebutuhan termasuk hal krusial. Seperti yang kita ketahui, jaminan proteksi asuransi mobil diantaranya: TLO atau total loss saja, dan All Risk atau comprehensive. Selain itu ada pula perluasan proteksi yang bisa kita tambahan untuk mobil kesayangan, seperti:

  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga

  • Banjir

  • Tsunami

  • Kerusuhan huru hara

  • Terorisme sabotasi

  • Kecelakaan diri terhadap sopir

  • Kecelakaan diri terhadap penupang

5. Cari Layanan / Services Terbaik

Layanan atau services juga berpengaruh pada besaran premi asuransi yang akan kita keluarkan. Untuk itu ambil dan beli yang dirasa penting saja. Service yang cukup penting, salah satunya layanan bengkel authorized.

Nah, itulah beberapa cara menemukan asuransi mobil terbaik untuk kendaraan Anda. Ingat, tidak semua asuransi yang lengkap dan mahal selalu menjadi yang terbaik. Yang terpenting adalah tepat dan cermat!