Smartphone Unggulan dari Meizu M3 Note, M5 dan MX6


Smartphone Unggulan dari Meizu M3 Note, M5 dan MX6 - Smartphone Meizu kali ini kembali dengan memperkenalkan tiga daftar smartphone terbarunya, yaitu Meizu M3 Note, M5, dan MX6. Ketiga smartphone tersebut masing-masing dijual dikisaran harga Rp2 juta, Rp2,3 juta, dan Rp4 juta. Untuk jaringan berselancar internet, ketiganya sudah didukung jaringan 4G. Sayangnya, smartphone tersebut akan beredar di pasaran pada Januari 2017.

Meizu seri M sendiri merupakan salah satu seri yang menyasar segmen muda. Sehingga, tampilannya pun lebih didominasi warna-warna cerah dan atraktif. Dalam persaingan pasar smartphone di Indonesia, seri M5 pun akan hadir dalam tiga varian warna pilihan, yaitu emas, putih, dan biru.

Untuk seri MX, smartphone ini memang ditujukan untuk pengguna yang menginginkan smartphone dengan performa yang baik dan tangguh. Seri ini pula didukung fitur yang mampu melakukan pengisian baterai dengan lebih cepat, yang dibernama M Charge.

Diklaim mampu mengisi baterai 25 persen hanya dalam sepuluh menit, dan 65 persen untuk waktu tiga puluh menit. Dengan fitur ini, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pasar Indonesia. Apalagi jika melihat karakteristik penggunaan saat ini yang rata-rata aktifitasnya selalu berhubungan dengan smartphone, tentu akan sangat membantu dalam efisiensi waktu charge smartphone mereka.

M5 hadir dalam 3 warna pilihan, yaitu matte black, champange gold, dan biru. Fingerprint smartphone ini pun terhitung cepat dalam melakukan proses pemindaian sidik jari. Hanya dengan menempelkan jari di atas tombol M Touch, sidik jari dapat terbaca hanya dalam hitungan 0,2 detik. Dilain itu, M3 Note juga menawarkan kapasitas batrai yang cukup besar, yaitu 4100 mAh. Sekilas saat Meizu M3 Note dan Meizu MX6 diletakkan berdampingan. Perbedaan yang tampak hanya pada penempatan slot SIM card-nya.

Untuk design rancangannya pun tampak serupa secara keseluruhan. Apabila dilihat dari sudut depan, M3, M5 Note, dan MX6 tidak begitu nampak perbedaan mendasar antara satu dengan lainnya. Dari ukuran fisiknya, seri M3 hanya berpaut beberapa inc saja. M3 menyuguhkan ukuran layar sebesar 5,2 inci. Tampilan depannya pun tampak sedikit lebih melengkung. Hal ini yang menjadikannya sedikit berbeda dengan design dengan seri M lainnya.

Untuk M5 Note dan MX6 ternyata lebih sulit membedakannya secara fisik. Keduanya sama-sama mengususng layar berukuran 5,5 inci. Secara kasat mata, perbedaan akan terlihat apabila kedua ponsel tersebut dibalik.

Perbedaan akan tampak pada rancangan antena dan bentuk flashnya. Antena pada M5 berwarna metalik, dengan antenna berada di bagian atas dan bawah ponsel. Sedangkan antena MX 6 berwarna putih, dan berada melintang dan berkurva di kedua sisinya.

Untuk flash antar keduanya, M5 Note memiliki design bulat, sementara MX 6 sedikit lonjong. Hal yang menarik sari smartphone ini adalah sistem operasi terbaru mereka yang diberinama Flyme 6. Sistem operasi ini diperkirakan akan meluncur Januari 2017 nanti.

Pada Os sebelumnya, yaitu Flyme 5, sistem oprasi ini telah mendukung pengoperasian 3D press. Fitur tersebut hanya mampu bekerja pada perangkat yang memiliki hardware tertentu yang juga sudah mendukung pengoperasian 3D Press.

Fitur lain dari Meizu yang cukup menarik perhatian adalah tombol tunggal pada bagian muka smartphone. Tombol tersebut diberi nama M Touch. Satu tombol ini berfungsi sama halnya dengan tiga tombol fungsi sekaligus pada Android biasa. Bisa dikatakan bahwa tombol ini adalah efisiensi dari fungsi ketiga tombol smartphone Android pada umumnya.

Kemampuan artificial intelligence (AI) yang disematkan di dalamnya juga tidak kalah menariknya. Bayangkan, AI ini mampu mempelajari kebiasaan penggunaannya. Hasil pembelajaran tersebut digunakan sebagai rekomendasi pengaturan aplikasi dan penggunaan resource baterai, sehingga smartphone dapat lebih optimal saat digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Sementara pada sisi software-nya, Meizu menyatakan akan melakukan kerja sama dengan beberapa penyedia konten lokal. Namun, siapa saja yang akan diajak berkerja sama dan konten jenis apa yang akan dibuat, pihaknya masih belum menyebutkan secara spesifik.