Investasi Emas Perhiasan atau Batangan, Mana yang Seharusnya Anda Pilih?

Investasi Emas Perhiasan dan Batangan - Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang dapat dimanfaatkan sebagai perhiasan, khususnya bagi kaum hawa. Selain perhiasan, dahulu emas juga digunakan sebagai standar keuangan di beberapa negara.

Sebelum membahas mengenai investasi emas mana yang lebih baik, emas perhiasan atau emas batangan? Mari kita bahas satu persatu terlebih dahulu.

1. Investasi Emas Perhiasan

Emas perhiasan merupakan jenis emas yang paling mudah ditemui dan paling populer.

Untuk setiap pembelian jenis emas ini, Anda tidak hanya dibebankan jumlah berat dan karatnya saja, namun juga biaya pengolahannya hingga menjadi perhiasan.

Jadi, saat Anda membeli emas dalam bentuk perhiasan, Anda tidak hanya membayar untuk berat dan kadar murninya saja (karat), tetapi juga biaya pembuatannya.

Tidak heran jika perhiasan emas yang memiliki design lebih rumit akan lebih mahal dibandingkan dengan emas ber-design sederhana.

2. Investasi Emas Batangan

Emas batangan merupakan salah satu pilihan investasi yang cukup baik. Emas dalam bentuk batangan (emas lantakan) kini juga banyak dilirik sebagai salah satu investasi yang mudah.

Di Indonesia, emas batangan yang cukup terkenal yaitu emas yang diproduksi PT Aneka Tambang (Antam) dengan kadar kemurniannya hingga 99,99 persen.

Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali.

Pilih Investasi Emas Perhiasan dan Batangan?

Setelah membahas perbedaan emas perhiasan dan emas batangan, pasti muncul pertanyaan di benak kita, produk emas mana yang paling menguntungkan? Emas perhiasan atau kah emas batangan?

Produk emas yang paling mudah ditemui memang masih berkutat di jenis perhiasan.

Fungsi utama perhiasan emas memang sebagai asesoris penunjang penampilan, khususnya bagi kaum hawa. Dengan begitu perhiasan emas memiliki fungsi ganda, aksesoris dan sarana investasi.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih investasi emas perhiasan adalah ada biaya pembuatannya.

Harga produk perhiasan emas juga cenderung stabil. Walau harga jual perhiasan emas kurang menguntungkan, perhiasan emas mudah dijual, baik dengan ataupun tanpa kelengkapan surat dokumen pembeliannya.

Bagaimana dengan emas dalam bentuk batangan? Kualitas emas batangan yang Anda beli di Antam sudah pasti terjamin.

Bukan berarti membeli di luar Antam itu kurang berkualitas baik, hanya saja jika membeli di Antam, kemurniannya sudah dapat dipastikan. Saat akan menjual emas batangan pun Anda harus melampirkan surat dan dokumen keaslian emas tersebut.

Tentu hal ini berbeda dengan perhiasan emas.

Jika membahas mana yang lebih baik antara investasi emas perhiasan dan batangan, tentu jawabannya relatif.

Keduanya memiliki keuntungannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda investasi sesungguhnya.

Umumnya, wanita lebih menyukai emas perhiasan, namun ada pula wanita yang memilih emas batangan karena alasan return harga jualnya yang lebih baik.

Postingan terkait: