Ingin Membuat Vlog dengan Smartphone? Perhatikan Hal Berikut


Ingin Membuat Vlog dengan Smartphone? Perhatikan Hal Berikut - Trend  vlog alias video blog begitu terasa di tahun ini. Banyak muda-mudi yang mulai tertarik dengan aktifitas yang satu ini. Bisa dikatakan, vlog telah menjadi trend.

Bagaimana sebenarnya cara membuat vlog itu? Nyatanya, proses membuat vlog  tidak semudah dan serumit yang dibayangkan.

Untuk Anda yang tertarik dan serius ingin menekuni hobi ini, memilih perangkat untuk merekam video yang tepat tentu menjadi salah satu faktor penentunya. Tidak harus dengan perangkat canggih dan mahal. Dengan sebuah smartphone pun Anda bisa membuat vlog di mana pun dan kapan pun. Bahkan, sebagian besar vlogger banyak yang memilih menggunakan perangkat smartphone.

Namun apakah smartphone saja cukup? Lalu apa saja pertimbangan dalam memilih smartphone untuk vlog? Berikut ulasannya.

Jenis Smartphone

Bagaimana memilih smartphone yang tepat untuk vlog? Tentu dengan memilih smartphone yang memiliki fitur dan kualitas video yang bagus. Salah satunya kemampuan rekam video 4K dan Optical Image Stabilization atau OIS.

OIS berfungsi untuk mencegah video yang direkam mengalami buram karena guncangan atau goyangan.

Selain itu, pilih pula smartphone yang memiliki kamera dengan fitur mengunci objek (fokus) dengan cepat. Karena apabila objek kabur, maka hasil video pun menjadi kurang maksimal saat ditonton.

Mic

Komponen lain yang tak kalah penting dalam membuat vlog, yaitu mic. Terkadang mic masih dianggap kurang penting, padahal hasil rekam suara smartphone saja masih kurang bagus. Untuk itu, persiapkan pula mic untuk memaksimalkan hasil suara video.

Fitur Anti Air dan Debu

Saat membuat vlog di luar ruangan, tentu smartphone akan mengalami beberapa masalah terkait alam dan kondisi lingkungan.  Bisa saja hujan dan debu menjadi sandungan yang mengakibatkan smartphone rusak atau terganggu. Untuk itu, lebih bagus jika menggunakan smartphone yang tahan air dan debu.

Tips Membuat Vlog

Daya tarik 10 detik pertama video akan mempengaruhi minat penonton melihat video Anda sampai akhir. Tentu agar audiens tertarik melanjutkan menonton sampai habis, Anda harus membuat video yang mampu membuat audiens tertarik di 10 detik pertama tersebut dengan menampilkan hal kreatif dan unik.