Lebih Baik Membeli Rumah atau Tanah? Perhatikan Hal Ini


Ingin Membeli Rumah atau Tanah? Saat merasa sudah siap dan yakin ingin tinggal secara mandiri, terkadang kita mengalami dilema dalam menentukan pilihan. Seperti pilihan antara langsung ingin membeli rumah atau tanah kavling terlebih dahulu.

Setiap pilihan pasti memiliki kelebihan masing-masing, baik antara rumah atau pun tanah kavling, keduanya cukup prospekti kedepannya. Bahkan, keduanya bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi.

Sebelum menentukan pilihan antara ingin membeli rumah atau tanah terlebih dahulu, ada baiknya Anda pertimbangkan beberapa hal.

Ingin Membeli Rumah atau Tanah? Perhatikan Hal Ini

Pada umumnya, jika Anda ingin membeli properti atau sebidang tanah, sudah seharusnya Anda mempersiapkan biaya terlebih dahulu. Biaya tersebut tentu tidak lah murah. Berbicara tentang properti, pasti akan berhubungan dengan jumlah uang yang harus Anda keluarkan. Yang perlu digaris bawahi, apakah Anda sudah mempersiapkannya biaya tersebut?

Berapa besar tabungan Anda? Apakah cukup untuk membeli sebuah rumah? Atau tabungan Anda baru sekitar 80-90% dari total harga rumah tersebut, atau hanya sebatas cukup untuk DP-nya saja? Hal inilah yang harus pikirkan lebih jauh.

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pendapatan atau gaji per bulan. Jika pendapatan Anda setiap bulannya cukup besar, maka dalam waktu yang relatif lebih singkat Anda bisa mengumpulkan uang untuk membeli rumah tersebut. Lalu bagaimana jika belum?

Perhitungan gaji atau pendapatan per bulan juga harus dipikirkan masak-masak. Rumus standar perhitungan gaji yang bisa digunakan umumnya, 40% pendapatan per bulan untuk tabungan DP, 10% untuk biaya proteksi (asuransi dan sebagainya), dan 50% untuk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari.

Membeli Tanah

Membeli tanah mungkin akan terdengar lebih murah ketimbang langsung membeli sebuah hunian. Namun, semua kembali kepada kebutuhan dan keuangan Anda. Membeli tanah bisa menjadi langkah yang cukup bijak, apalagi jika Anda belum merasa yakin dengan kondisi keuangan Anda kedepan.

Kelebihan membeli tanah yaitu harga yang dapat meningkat di kemudian hari. Dan, Anda pun lebih bebas membangun rumah sesuai selera dan design yang Anda inginkan. Sementara kelemahannya, Anda harus mengumpulkan biaya untuk membangun rumah di atas tanah tersebut.

Membeli Rumah

Penjelesannya hampi sama, harga rumah tentu lebih tinggi dibandingkan harga tanah. Namun, beberapa program subsidi dari pemerintah bisa mempermudah Anda mencicil secara kredit. Walaupun penghasilan Anda terbatas, program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dapat menjadi solusi mengenai hal ini.

Berbeda dengan membeli tanah. Tanah tidak akan mendapat bantuan seperti halnya subsidi KPR. Sayangnya, rumah subsidi tidak tersedia di kota besar, biasanya hanya berada di kota penyangga saja. Kesimpulannya, semua akan kembali pada jumlah tabungan dan pendapatan Anda per bulan.

Alternatif kredit dari bank melalui program KPR bisa menjadi solusi membeli rumah menjadi lebih mudah. Jika tujuan Anda hanya ingin berinvestasi, bukan mencari tempat tinggal, tentu tanah adalah pilihan yang tepat. Bagaimana? Masih menimbang ingin membeli rumah atau tanah? Atau sudah menentukan pilihan?