Aspek dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Langsung

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Strategi komunikasi pemasaran langsung - Konsep strategi komunikasi pemasaran, saat ini bukan hanya melibatkan usaha atau bisnis sekala besar saja.

Penerapan ini juga berlaku pada sektor usaha kecil dan bisnis menengah. Jika ditelaah lebih lanjut, komunikasi pemasaran adalah dua aspek bidang ilmu yang berbeda, yaitu bidang ilmu komunikasi dan ilmu pemasaran.

Komunikasi sebagai aspek yang meninjau proses penyampaiannya, sedangkan pemasaran adalah aspek yang meninjau sisi ekonomi. Itulah mengapa keduanya memiliki korelasi yang erat.

Dengan strategi komunikasi yang efektif, value dan core produk Anda dapat diterima target pasar dengan baik, dan dengan strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat menentukan cara pemasaran produk yang efektif untuk meningkatkan sales penjualan Anda.

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi komunikasi pemasaran langsung, kita akan mendefinisikan terlebih dahulu pengertian komunikasi dan pemasaran secara terpisah.

Dalam komunikasipemasaran, komunikasi bisa diartikan sebagaiproses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, bahkan masyarakat tertentu menciptakan dan menyampaikan informasi agar tetep saling terhubung.

Kesuksesan proses komunikasi tentu juga ditentukan oleh perencanaan komunikasi yang baik. Perencaanaan bukan hanya sebatas pada konsep strategi itu sendiri, namun juga bagaimana mengimplementasikannya dilapangan.

Pengertian strategi komunikasi

Pengertian strategi komunikasi adalah membangun perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen komunikasi (communications management) demi tercapainya suatu tujuan.

Dalam mencapai tujuan tersebut, Anda harus mempertimbangkan juga proses operasionalnya, baik taktis dan teknis.

Hubungan antara komunikasi dan pemasaran - Komunikasi akan sangat diperlukan dalam setiap lini kehidupan manusia. Bukan hanya kehidupan sosial, komunikasi juga berperan dalam membangun hubungan jual-beli.

Contohnya, keterampilan komunikasi akan dibutuhkan ketika Anda memperkenalkanproduk atau jasa kepada calon konsumen Anda.

Dengan mempelajari komunikasi, Anda dapat melakukan pendekatkan secara personal dengan lebih baik. Komunikasi juga berperan sebagai sarana untuk mendapatkan feedback yang membangun bagi produk Anda.

Pada dasarnya, pemasaran bertujuan untuk meningkatkan value penjualan produk Anda. Tanpa diimbangi dengan komunikasiyang baik, tentu hasilnya adalah nol. Mengapa? Karena komunikasi (promosi) adalah bagian dari proses pemasaran itu sendiri.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Komunikasi yang baik, namun tanpa adanya perencanaan pemasaran, tentu hasilnya akan sama.

Contohnya, Anda mempunyai iklan yang sangat menarik dan memotivasi minat beli konsumen Anda, namun pendistribusian produk Anda tidak merata. Padahal, lokasi yang tidak Anda cakup tersebut adalah lokasimarket potensial Anda.

Tujuan strategi komunikasi pemasaran

Secara umum, ada tiga tujuan strategi komunikasi pemasaran itu dilakukan.

1. Merubah knowledge atau pengetahuan

Pada tahap ini, Anda harus dapat memberikan pengetahuan mengenai produk kepada konsumen. Aspek knowledge biasanya berorientasi seputar keberadaan produk Anda. Bagaimana bentuk produk? Untuk apa produk itu diciptakan? Dan, ditujukan untuk Siapa produk itu?

2. Merubah sikap

Perubahan sikap tentu bertujuan untuk mengarahkan konsumen agar memiliki keinginan untuk mencobanya. Ada tiga komponen yang terdapat dalam aspek sikap.
Efek kognitif yaitu adanya kesadaran konsumen terhadap produk Anda. Efek ini yang akan berperan untuk merubah aspek pengetahuan, kepercayaan atau keyakinan konsumen pada produk yang Anda tawarkan.

Efek afeksi yaitu adanya pengaruh yang memotivasi calom konsumen Anda melakukan sesuatu. Melakukan sesuatu yang seperti apa? Definisi melakuakan sesuatu yang dimaksudadalah realisasi si konsumen untuk melakukan pembelian pada prodk Anda

Efek konatif yaitu adanya pengaruh yang membentuk pola pikir konsumen agar menjadi perilaku selanjutnya. Perilaku yang seperti apa? Yaitu perilaku dari si konsumen agar melakukan pembelian ulang atau berkelanjutan.

3. Merubah perilaku

Perubahan perilaku akan berpengaruh pada nilai kepercayaan konsumen. Hal inilah mengapa seorang konsumen dapat loyal dan tidak beralih pada produk lain atau kompetitor sejenis.

Komunikasi pemasaran langsung

Penerapan strategi komunikasi pemasaran dalamkonsep pemasaran langsung tentu akan melibatkan hubungan yang lebih personalantara Anda dengan konsumen Anda.

Jika Anda ingin tetap menjaga hubungan tersebut, maka buatlah jaringan konsumen. Lakukan komunikasi secara intens dengandengankonsumen Anda.

Seberapa intentskah? Intens bukan dalam artian sesering mungkin. Anda hanya perlu tetap terkoneksi dengan mereka. Jika Anda mempunyai produk terbaru ataupun promo harga menarik, Anda dapat melakukan follow up secara berkala.

Misalnya, Anda dapat melakukan follow up dengan telemarketing. Jika Anda belum mengetahui telemarketing secara keseluruhan, Anda dapat fahami terlebih dahulu dasar pengertian telemarketing itu.

Komunikasi pemasaran langsungmungkin terlihat sebagaiproses yang sederhana. Anda dan konsumen akan bertemu, memperkenalkan produk, menawarkannya dan menegoisasi harga hingga terjadi kesepakatan.

Jenis komunikasi ini memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda menawarkan ke banyak konsumen, tentu akan banyakwaktu dan biaya yang Anda keluarkan.

Namun, jika margin keuntungan Anda cukup besar,menerapkan strategi komunikasi pemasaran langsung tentu lebih berpotensi menghasilkan penjualan yang lebih baik.
Iklan by Google