Volunteer adalah? Ini Keuntungannya

Volunteer adalah - Mungkin di antara kita sudah sering mendengar kata yang satu ini. Volunteer atau dalam bahasa Indonesia yang disebut relawan, adalah pekerja suka rela yang berpartisipasi dalam sebuah kegiatan ataupun organisasi. Biasanya, volunteer adalah relawan yang kerap dikaitkan dengan kegiatan sosial.

Tidak semua, namun hampir semua tujuan kegiatan yang melibatkan volunteer adalah untuk isu sosial. Apa saja keuntungan menjadi volunteer? Kita akan bahas hal satu per-satu.

Volunteer adalah soal membantu dan pengalaman berharga

Volunteer adalah salah satu sarana pembelajaran memang bermakna luas. Menjadi seorang volunteer akan mengajarkan kita arti pentingnya membantu sesama.

Walaupun tidak mendapatkan imbalan, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri, seperti teman-teman baru, pengalaman membangun team work dan rasa puas membantu sesama.

Volunteer adalah sarana membangun network

Sebagai seorang volunteer, Anda akan terlibat dalam tim dengan banyak orang baru. Di sini, Anda akan belajar mengenal berbagai kepribadian dan karakter yang berbeda-beda.

Anda dapat memanfaatkan moment ini untuk mengasah kemampuan komunikasi dan membangun hubungan personal secara langsung dan membangun network yang lebih luas dengan berbagai orang baru. Umumnya, network yang terjalin ketika menjadi volunteer adalah jalinan yang kuat karena emosional yang dalam dan kuat. Selain itu, pengalaman menjadi volunteer jug dapat Anda masukan ke dalam Portofolio dan CV.

Pengalaman ini dapat menjadi poin lebih ketika kelak melamar pekerjaan.

Apa yang membedakan volunteer dengan magang atau freelance? Anda bisa fahami dahulu apa itu freelance dan apa pengertian magang. Rasanya tidak etis jika kita membandingkan volunteer dengan dua kegiatan di atas dari kacamata yang sama.

Setiap kegiatan, tentu akan memberi kita pengalaman dan keuntungan yang berbeda-beda. Anda akan menjumpai tingkat kesulitan dan porsi kerja yang tentunya juga tidak sama.

Keberhasilan menjalani volunteer adalah soal kepuasan dan pengalaman, bukan dilihat dari keuntungan yang didapatkan baik secara materil maupun non-materil. Melainkan dari kebesaran jiwa dan ketulusan menjalaninya.

Tidak ada sesuatu pekerjaan yang berakhir percuma, cukup dengan kesungguhan ketika mengerjakannya, Anda akan melihat keuntungan dan pengalaman berharga yang tidak terfikirkan sebelumnya.

Kita bisa mengambil kesimpulan jika keuntungan volunteer bukan haya soal materi dan sekedar berpartisipasi saja. Menjadi volunteer bukan sebatas hanya membantu sesama saja, tetapi juga sarana pembelajaran, bekal dan pengalaman berharga untuk kehidupan kelak. Itulah manfaat dan pengertian volunteer sesungguhnya.


Add Your Comments

Disqus Comments