Jualan di Instagram? Pemilik Online Shop Harus Tahu Ini!


Jualan di Instagram – Menjadikan sosial media sebagai sarana mempromosikan produk memang sudah menjadi hal biasa saat ini. Bagi Anda yang tertarik berjualan secara online, namun belum memiliki website, jualan di Instagram dapat menjadi alternatifnya.

Instagram merupakan situs jejaring sosial yang mengusung konsep berbagi foto dan video. Saat ini, diperkirakan pengguna aktif Instagram sudah mencapai 250 juta orang lebih dari seluruh dunia. Rata-rata  lebih dari 50 juta foto diunggah perharinya.

Terlepas dari itu, jualan di instagram dapat juga menjadi cara pemasaran produk yang efektif, terutama jika target market Anda adalah usia muda. Besarnya populasi aktif pengguna Instagram memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik online shop yang baru ingin memulai bisnisnya.

Berjualan di Instagram tentu bukan hanya sebatas kegiatan memposting produk, membuat deskripsi, menggunggah foto produk yang menarik dan mempromosikan ke pengguna lainnya. Ada beberapa hal yang juga harus Anda ketahui ketika ingin berjualan di Instagram. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

Jadilah penjual yang baik dan ramah

Untuk dapat sukses jualan di Instagram, poin pentingnya adalah service atau pelayanan. Memang tidak ada aturan yang mengharuskan Anda menjawab semua pertanyaan dan komentar yang datang. Namun, dengan tetap memberikan jawaban terbaik, tentu kredibilatas online shop Anda akan meningkat.

Mungkin sangat menyebalkan ketika menjawab berbagai pertanyaan yang sama, walaupun Anda sudah sangat jelas memberikan keterangan di caption foto Anda. Namun, jangan anggap sepele hal ini.

Mereka yang bertanya, sesunggguhnya sedang mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk tersebut. Mereka sedang membandingkan produk Anda dengan produk lainnya yang sejenis.

Justru di situ peluang Anda. Jika Anda dapat memberikan pelayanan yang baik, bisa saja di hari berikutnya mereka akan membeli produk Anda karena pelayanan yang Anda berikan itu.

Update secara rutin

Konten adalah raja". Mungkin itulah filosofi pengertian content saat ini. Untuk itu, lakukan update secara berkala. Dengan menggunggah konten dan foto produk terbaru, Instagram Anda akan terlihat lebih fresh. Berikan juga konten yang informatif dan menghibur, namun harus tetap related dengan produk yang Anda jual.

Untuk mempermudah, Anda dapat membuat list kapan saja jadwal melakukan update, sehingga konten Anda akan tanyang lebih teratur.

Jangan melakukan spamming

Spamming bukan hanya dilihat dari relevansi saja. Menyambung poin sebelumnya, update konten yang terlalu sering dapat membuat Anda dicap sebagai spammer.

Kesalahan yang sering di lakukan online shop yang baru yaitu memberikan komentar yang tidak berhubungan ataupun promosi secara acak di berbagai akun publik figur.

Cara spamming seperti ini tentu tidak akan baik untuk reputasi Instagram Anda. Dari pada melakukan spamming, lebih baik fokus membangun dan menyajikan konten yang menarik bagi target pasar Anda. Itulah beberapa hal yang harus user online shop tahu jika ingin jualan di Instagram. Menurut Anda, adakah hal lainnya?