Apa itu Kerja Freelance? Dan Bagaimana Mendapatkannya?

Apa itu kerja freelance? Saat pertama kali mendengarnya, mungkin Anda memiliki penafsiran yang berbeda-beda.

Pengertian freelance sendiri bisa diartikan sebagai jenis pekerjaan yang menawarkan jasa seputar keahlian yang dimiliki kepada orang lain tanpa adanya ikatan kerja.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan lebih di suatu bidang, Anda dapat memanfaatkan kelebihan itu untuk menjadi pekerja freelance.

Apa kerja freelance itu cocok untuk mahasiswa?

Tentu saja! Jika Anda seorang mahasiswa jurusan matematika, Anda dapat bekerja sebagai tenaga pengajar freelance di tempat bimbingan belajar. Atau, jika Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing, Anda juga dapat menjadi seorang translator atau penerjemah.

Jika Anda dapat melihat potensi dengan baik, banyak sekali peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk melakoni profesi yang satu ini.

Keuntungan lainnya menjadi seorang freelancer, yaitu penentuan jam kerja yang fleksibel dan bisa Anda atur sendiri. Tidak semua, tapi beberapa pekerjaan freelance memang disesuaikan dengan waktu perkerja. Tentunya harus didasari kesepakatan dua belah pihak (pekerja dan pemberi kerja).

Walaupun jam kerja seorang freelancer itu fleksibel, jangan lupa, Anda memiliki tanggung jawab pekerjaan. Waktu tetap harus Anda prioritaskan.

Apa kerja freelance harus sesuai dengan bidang akademisi?

Untuk menjadi seorang freelancer, Anda bukan hanya bisa memanfaatkan kelebihan akademis yang saat ini Anda miliki. Anda juga dapat memanfaatkan peluang dari hobi yang Anda senangi.

Bagaimana mencari lowongan kerja freelance?  Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan pemasaran digital sebagai strategi pemasarannya. Bagi Anda yang menyukai dunia tulis menulis, freelance penulis artikel online dapat menjadi pilihan. Atau, Anda yang memiliki hobi men-design gambar, tidak ada salahnya mencoba menjadi pekerja freelance designer. Sebagai refrensi, Anda bisa baca 7 tips menjadi design grafis profesional.

Banyak sekali portar pencari lowongan kerja freelance yang dapat Anda manfaatkan, seperti: sribulancer.comfreelancer.co.id dan Projects.co.id.

Tanggung jawab dan keuntungan freelance

Keuntungan menjadi freelance akan berbeda dengan magang. Porsi dan tanggung jawab pekerjaan yang Anda tangani akan sepenuhnya Anda tanggung. Jika belum tahu pengertian magang Anda bisa baca terlebih dahulu.

Berkerja sebagai freelance dapat menjadi sarana bagi Anda utnuk belajar memahami arti tanggung jawab sesungguhnya. Kelak saat menjadi profesional, Andapun akan memiliki tanggung jawab pekerjaan yang lebih besar dibanding saat ini.

Menariknya, Anda akan mendapat bayaran yang jumlahnya lebih besar di banding menjadi karyawan magang. Setelah mengetahui apa itu kerja freelance, tertarikah Anda mencoba?

Postingan terkait: