5 Langkah Memaksimalkan Waktu Belajar dan Tetap Fokus

Memaksimalkan waktu belajar - Tahukah Anda jika rata-rata waktu belajar di kampus dan di rumah bisa sampai 6-8 jam perhari. Bahkan, saat ujian semester tiba, terkadang Anda memaksakan belajar lebih lama dari waktu biasa.

Memang, mengulang kembali pelajaran yang telah dibahas sebelumnya akan membantu Anda lebih mudah mengingat pelajaran. Tetapi, mengingat atau mereview pelajaran kembali bukan berarti memaksa otak untuk menghafal lebih keras. Apalagi sampai menghabiskan waktu hingga semalam suntuk.

Jika Anda termasuk orang seperti itu, sebaiknya Anda mulai merubah cara belajar dari sekarang. Merubah waktu belajar bukan berarti memporsil waktunya, namun membuat pola belajar lebih efektif.

Kenapa harus merubah cara belajar?

Otak kita dapat efektif menyerap informasi selama 15 menit pertama saja. Berarti, materi belajar dari sisa waktu lainnya lebih berpotensi  terlupakan. Untuk itu, jangan terlalu memaksakan belajar dalam kurun waktu yang lama. Lebih baik, memaksimalkan cara belajarnya, bukan waktunya.

Berikut ini 5 langkah memaksimalkan waktu belajar yang bisa Anda coba.

1. Belajar tidak lebih dari 30 menit

Berikan jeda istirahat setelah 30 menit saat belajar. Beri waktu istirahat sejenak, atau Anda pun bisa melakukan aktifitas lain yang bisa menyegarkan kembali pikiran Anda. Contohnya membaca buku atau majalah, menyanyikan satu atau dua buah lagu favorit, ataupun melakukan kegiatan lain.

2. Gunakan timer saat dead line

Saat berhadapan dengan dead line, pastinya membuat pusing pikiran Anda. Mengatur waktu untuk belajar dan mengerjakan dead line di saat yang sama tentu bukan perkara mudah. Untuk itu, Anda bisa memasang timer selama 30 menit untuk mengerjakan dead line, dan waktu setelah untuk belajar.

3. Duduk di kursi belajar

Belajar sambil tiduran di kasur atau di sofa memang terasa lebih nyaman. Sayangnya, posisi tersebut bisa dikatakan terlalu nyaman. Hal tersebut nyatanya malah mengurangi fokus belajar Anda.

Salah satu posisi belajar terbaik untuk tetap fokus adalah duduk tegap di meja belajar. Selain posisi mata dan jarak buku menjadi lebih optimal, duduk di kursi belajar juga membantu menjaga posisi badan tetap tegap.

4. Catat poin-poin penting di buku catatan

Belajar dengan menulis ulang kembali poin-poin penting ternyata mampu menambah daya ingat. Anda dapat menempelkan sticky notes berwarna agar lebih menarik dan mudah terlihat.

5. Matikan gadget untuk sementara

Saat sedang belajar, pastikan tidak ada gadget di sekitar. Saat ada notif pesan, pasti Anda langsung mengeceknya. Jika sudah seperti ini, yang ada fokus belajar Anda akan terpecah. Ada baiknya Anda matikan gadget terlebih dahulu.

Itulah tips 5 langkah memaksimalkan waktu belajar yang bisa Anda coba. Mungkin masalah-masalah tersebut terdengar sepele, namun nyatanya hal sepele itulah yang dapat memecah fokus belajar Anda.

Postingan terkait: