4 Keunggulan Menulis Blog Di Medium

4 Keunggulan Menulis Blog Di Medium - Anda yang hobi menulis di blog, mungkin memiliki beberapa platform blog favorit. Alasan Anda setia pada platform tersebut, bisa karena interface, fasilitas ataupun fitur yang dapat di-monetize. Untuk Anda yang memang hanya ingin menyalurkan hobi menulis saja, platform Medium ini bisa menjadi salah satu alternatif menulis blog yang patut dicoba.

Awalnya Medium didirikan tepatnya pada tahun 2012 oleh Evan Williams, Founder Blogger dan Twitter. Medium sendiri didirikan dalam kurun waktu yang relatif singkat, namun berhasil menjadi sebuah platform menulis yang  cukup banyak digunakan.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun menggunakan Medium untuk mempublikasikan teks pidato kenegaraannya (State of The Union).

Diperkirakan saat ini Medium sudah memiliki lebih dari 25 juta pengunjung setiap bulannya, dan hampir dua juta tulisan dipublish di platform mereka. Tulisan yang di-publish memiliki tema yang cukup beragam.

Rata-rata, pertulisannya membutuhkan waktu sekitar tujuh menit untuk membacanya sampai akhir, cukup panjang bukan? Berkat prestasi yang diraihnya tersebut, Medium berhasil mendapat pendanaan sebesar US$82 juta atau sekitar Rp1 triliun.

Mengapa Anda harus mencoba menulis blog di Medium?

1. Dapat menjadi wadah baru untuk berkreasi

Berbeda dengan platform populer seperti seperti Tumblr dan WordPress, Medium tentu masih tergolong baru.

Uniknya, hal ini malah menjadi daya tarik para penulis untuk mencobanya. Untuk Anda yang suka dengan perubahan dan hal-hal baru, tentu Medium bisa menjadi jawabannya.

Walaupun tergolong platform baru, sistem Medium sudah mendukung WYSIWYG (What You See is What You Get).

2. Medium Mendukung web dan mobile

Menulis artikel di Medium bukan hanya bisa dilakukan melalui web saja. Ternyata, Medium juga didukung dengan aplikasi mobile. Medium sendiri memiliki tampilan yang baku, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mengatur design dan tampilannya.

Bagi para pembaca, Medium juga menyediakan fitur Mention. Fitur ini berfungsi untuk mengajak pengguna lain ikut serta membaca dan berkomentar.

Menariknya, Anda bisa memberi komentar tidak hanya dapat dilakukan di akhir tulisan. Anda bisa menyematkan komentar pada salah satu kalimat ataupun paragraf tertentu yang Anda baca.

3. Memiliki sistem kurasi yang baik

Berbeda dengan platform lainnya, Anda dapat menemukan artikel yang menarik sesuai kategori yang Anda cari tanpa perlu membuka akun penulisnya. Dengan sistem kurasi yang baik, Anda dapat menemukam beberapa artikel-artikel yang sedang hit saat ini. Setiap artikel yang hits akan tampil sesuai kategorinya, sistem kurasi ini disebut Top Stories.

Dengan sistem kurasi ini, Andapun  juga dapat dengan mudah menemukan berbagai artikel menarik, tanpa harus mengikuti (follow) para penulisnya.

4. Tampilan yang nyaman

Walaupun Medium memiliki tampilan yang baku, nyatanya artikel-artikel yang dipublish di Medium tetap nyaman untuk dibaca. Dengan tampilan yang bersih (simple) dan font yang tidak membuat mata lelah, membuat artikel tetap nyaman dibaca dalam kurun waktu yang lama.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik mencoba platform Medium sebagai salah satu alternatif platfform menulis blog?

Postingan terkait: