9 Makna dan Arti dalam Psikotes Menggambar Pohon

Psikotes Menggambar Pohon - Anda pasti pernah mengikuti psikotes bukan? Namun, tau kah Anda mengapa setiap mengikuti psikotes kita disuruh untuk menggambar sebuah pohon?

Sama halnya seperti menjawab pertanyaan saat interview kerja, menggambar pohon juga memiliki arti dan penilaian tersendiri.

Kenapa harus pohon? Kenapa tidak menggambar objek yang lain?

Untuk itu, kita akan membahas maksud dari psikotes menggambar pohon ini?

1. Diposisi Mana Letak Pohon Tersebut?

- Jika Pohon Terletak Di Tengah
Letak pohon ditengah menandakan bahwa Anda adalah orang yang praktis dan rendah hati.

Hal ini terlihat dari posisi yang Anda pilih. Anda yang memilih posisi ini juga diyakini sebagai orang yang mampu menangani persoalan dengan harapan terbaik (postif thinking). Tidak hanya itu, Anda juga memikirkan hal-hal terburuk yang kemungkinan dapat terjadi.

Secara garis besar, Anda adalah tipikal orang yang selalu siap dengan berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi.

- Jika Pohon Terletak Di Bagian Bawah
Anda termasuk tipikal orang yang suka melakukan analisis sebelum memutuskan sebuah keputusan.

- Jika Posisi Gambar Pohon Berada Di Atas
Anda termasuk tipikal orang yang suka melihat hikmah yang terjadi sebagai hasil pembelajaran dari semua masalah. Semakin tinggi posisi pohon Anda, semakin menunjukkan sikap Anda dalam memandang semua persoalan sebagai pengalaman dan pembelajaran hidup.

2. Bagaimana Bentuk Batang Pohon yang Digambar?

-  Jika Batang Tersebut Berbentuk Lebar
Bentuk batang pohon yang lebar melambangkan sebagai kekuatan emosional. Bentuk batang yang lebar memiliki arti bahwa Anda dapat tetap tenang dan tidak mudah terpancing emosi. Bentuk batang yang lebar juga menandakan pendirian Anda yang kuat.

- Bagaimana Jika Bentuk Batang Pohonnya Ramping?
Anda termasuk tipikal orang yang fleksibel dan mudah menerima pendapat dari orang lain. Selain itu, Anda juga termasuk orang yang sensitif. Sensistif yang dimaksud lebih mengarah kepada rasa empati Anda kepada orang lain.

- Pohon yang Memiliki Cabang Di Puncak
Adanya cabang di puncak pohon menandakan bahwa Anda sedang terpecah di antara pilihan hidup yang Anda alami saat ini

3. Seberapa Tinggi Gambar Pohon Tersebut?

- Jika Pohon Tersebut Memiliki Ukuran Lebih dari Setengah Tinggi Kertas
Anda termasuk orang yang berhasyrat besar ketika mencapai sebuah prestasi dalam hidupmu. Anda juga termausk orang yang dermawan dalam urusan finasial.

Dalam pekerjaan, Anda juga termasuk orang yang teliti. Anda pasti selalu mengecek kembali pekerjaan yang telah selesai untuk memastikan tidak terjadi kesalahan.

- Apabila Tinggi Pohon Tidak Lebih dari Setengah Tinggi Kertas
Anda puas dengan kehidupan yang sedang Anda capai saat ini. Anda merasa semua yang Anda dapatkan sudah cukup bagi Anda. Untuk persoalan finansial, Anda termasuk tipikal orang yang hemat dan sangat efisien.

4. Dimana Letak Pohon Anda?

- Jika Gambar Pohon yang Anda Buat Terletak di Bawah Tanah
Posisis tersebut menandakan bahwa Anda sedang mendambakan rasa aman dan ketentraman. Anda sangat mendambakan kehidupan keluarga dan pekerjaan di mana Anda dapat merasa nyaman hingga bertahan bertahun-tahun di sana.

- Apabila Posisi Gambar Pohon Tersebut Terletak di Dalam Pot
Anda adalah orang yang sangat sibuk dengan pekerjaan yang Anda jalani saat ini, bahkan hingga waktu kedepan.

Anda sangat senang berpetualang dan berpergian ke tempat baru. Anda juga tipikal orang yang mudah mengenal dan menjalin hubungang denga banyak orang baru.

- Jika Pohon Tersebut Berada di Puncak Gunung
Saat ini, Anda sedang mendambakan perhatian dan sangat senang ketika menjadi pusat perhatian. Anda akan sangat cocok ketika diminta menjadi komunikator yang ulung. Anda juga memiliki kemampuan yang dapat membuat orang tertarik dengan diri Anda.

- Jika Pohon yang Anda Buat Tidak Memiliki Dasar
Anda adalah orang yang memiliki karakter impulsif dan spontanitas. Anda mudah merasa senang jika ada sesuatu hal yang dapat mengilhami Anda.

- Apabila Gambar Pohon yang Anda Buat Berada Di Pulau
Saat ini, Anda memerlukan lebih banyak waktu untuk menyendiri. Ini bukan pertanda buruk, Anda hanya sedang membutuhkan waktu untuk menemukan solusi dari semua masalah yang sedang Anda alami sekarang.

5. Apa Gambar Pohon Tersebut Memiliki Dahan?

- Jika Memiliki Dahan
Anda termasuk orang yang memiliki pemikiran dengan orientasi otak kiri. Dalam survei  sebelumnya, bentuk dahan lebih sering digambar oleh orang yang memiliki pemikiran logis dan analitis.

- Jika Pohon Tersebut Tidak Memiliki Dahan
Jika gambar pohon yang Anda buat hanya sebatas kerangka dasar saja, berarti Anda adalah orang yang didominasi oleh otak kanan.

Anda mengedepankan insting-insting Anda ketika menghadapi segala sesuatu hal, mulai dari pekerjaan sampai pada proses pertemanan. Dan uniknya, semua pilihan yang Anda ambil biasanya benar dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

6. Pohon yang Anda Gambar Lebih Condong Ke Arah Mana?

- Jika Pohon Lebih Condong ke Arah Kiri
Anda lebih cenderung memendam apa yang Anda pikirkan saat ini. Sikap Anda bisa dikatakan konsevatif dan introvert. Anda tidak begitu menyukai tantangan. Jika dihadapkan dengan keputusan bersama dan Anda tidak menyetujuainya, biasanya Anda lebih memilih untuk menyimpannya sendiri.

- Jika Gambar Pohon yang Anda Buat Lebih Condong Ke Arah Kanan
Anda termasuk orang yang berorientasi pada aksi. Anda lebih suka  mengatakan hal yang Anda pikirkan saat ini, kendati hal itu akan bertentangan dengan pendapat orang lain.

- Jika Gambar Pohon Tersebut Tegak Lurus
Saat ini, Anda sedang berada di antara beberapa pilihan. Apakah ingin memendam perasaan-perasaan tersebut, atau ingin mengungkapkannya.

7. Apakah Ada Akar Di Gambar Pohon Tersebut?

- Jika Pohon Tersebut Memiliki Akar
Akar dapat diibaratkan sebagai keluarga dan sejarah. Hal ini menandakan bahwa Anda memiliki pandangan tentang masa lalu sebagai sesuatu hal yang penting. Anda menganggap hal itu sebagai dasar dari siapa dan apa Anda saat ini

- Jika Tidak Memiliki Akar
Anda adalah orang yang fokus dengan masa depan. Anda termasuk orang yang mandiri dan senang mecoba hal-hal  baru. Anda suka mempelajari diri Anda sesungguhnya dengan cara menghadapi berbagai tantangan-tantangan baru dan orang-orang yang baru pula.

8. Apa Gambar Pohon Anda Lebih Di Dominasi oleh Daun?

- Jika Ya
Anda adalah orang yang memiliki pemikiran yang dalam. Penelitian menunjukkan bahwa daun memiliki arti sebagai pemikiran. Orang-orang yang sangat suka menggambar daun, menandakan dia adalah orang yang suka memikirkan banyak hal dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, Anda juga suka merenung dan  mengintrospeksi diri sendiri. Sifat ini juga lah yang membuat Anda akan lebih berhati-hati ketika mengambil keputusan.

- Jika Tidak
Anda cenderung berpandangan terhadap dunia sebagai hitam dan putih. Kurangnya daun yang ada pada gambar pohon Anda, juga menandakan bahwa pendirian Anda tidak mudah tergoyahkan dengan warna abu-abu yang ada di setiap masalah Anda.

Anda bukanlah tipikal orang yang membuang waktu dan memusingkan diri dengan mencari solusi dari sebuah masalah. Namun, Anda adalah orang yang memilih sebuah rencana sebagai aksi dalam menghadapi permasalahan.

9. Apakah ada Objek Lain yang Anda Buat Di Sekitar Gambar Pohon Tersebut?

- Jika Anda Juga Menggambar Buah
Hal yang membuat diri Anda paling bahagia adalah ketika melihat hasil pekerjaan yang telah Anda lakukan dapat tercapai dengan hasil yang baik pula

- Jika Anda Juga Menggambar Rumput
Anda mempunya keluarga dimana para tamu yang datang dapat merasa nyamann dan damai.

- Jika Anda Juga Menggambar Bunga
Anda merasa paling bahagia saat ini, karena dikelilingi orang-orang yang juga bahagia di sekitar Anda

- Jika Ada Burung, Hewan Ataupun Manusia Di Sekitar Gambar Pohon Tersebut
Ini menandakan bahwa Anda adalah orang yang sangat cinta pada keluarga dan teman-teman di sekelilingmu, Itu adalah kebahagaiaan yang paling terbesar dalam hidup Anda.

- Jika Anda Juga Menggambar Ayunan Di Sekitar Gambar Pohon Tersebut
Hal itu menandakan bahwa Anda merasa bahagia ketika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

Bagaimana penjelasan arti atau maksud dari proses psikotes menggambar pohon di atas? Sudah dapat memberikan gambaran bukan?

Postingan terkait: