Tips Memilih Kuliah Jurusan Komunikasi Berdasarkan Minat

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Kuliah jurusan komunikasi  berdasarkan minat - Apa yang Anda pikirkan tentang jurusan komunikasi? Kumpulan pekerja media? Penulis berita? Seorang Public relation? Atau, pembuat konsep iklan di televisi? Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya Andaketahui terlebih dahulu hal-hal seputar jurusan komunikasi berikut.

Andayang memang tertarik menimba ilmu di bidang media, memilih kuliah jurusan komunikasi adalah pilihan yang tepat. Jurusan komunikasi memang tergolong bidang study baru.

Andayang sedang menempuh pendidikan ini akan menyAndang gelar akademisi S.Ikom atau sarjana ilmu komunikasi. Jurusan ini dahulu tergabung dalam fakultas ilmu sosial dan politik, atau belum berdiri sendiri.

Bagaimana memilih kuliah jurusan komunikasi Berdasarkan Minat? Kemudian, konsentrasi apa yang ingin Anda ambil? Konsentrasi? Ya, saat Andamemilih untuk melanjutkan kuliah jurusan komunikasi, Anda harus memilih konsentrasi atau bidang study yang ingin Anda fokuskan.

Biasanya, setiap kampus membagi jurusan komunikasi menjadi tiga bagian, yaitu jurnalistik, public relation dan periklanan.

Lalu, apa saja penjelasannya? Dan bagaimana memilih konsentrasi jurusan komunikasi berdasarkan minat yang Andasukai? Berikut ulasannya.

1. Jurusan komunikasi konsentrasi jurnalistik

Memilih kuliah jurusan komunikasi berdasarkan minat memang gampang-gampang sulit. Jika Andaingin memperdalam ilmu komunikasi dalam konteks media massa, memilih kuliah jurusan komunikasi konsentrasi jurnalistik adalah pilihan yang sangat tepat.

Konsentrasi jurnalistik adalah konsentrasi yang paling populer di setiap fakultas komunikasi. Semua universitas yang memiliki fakultas komunikasi, bisa dipastikan lebih didominasi jumlah mahasiswa konsentrasi jurnalistik, dibanding konsentrasi lainnya.

Prospek konsentrasi jurnalistik

Bidang study jurnalistik memang banyak dibutuhkan saat ini. Selain perkembangan media yang semakin cepat, banyaknya industri media juga menjadi alasannya.

Berapa banyak jumlah stasiun televisi saat ini? Berapa jumlah stasiun radio? Industri media cetak? Portal berita online? Ketika Andalulus nanti, tentu akan banyak pilihan profesi media yang dapat Andapilih.

Lalu bagaimana dengan pendidikannya? Sesuai namanya, Andaakan belajar mencari berita, mengolah dan mengemas berita tersebut secara aktual dan faktual. Apa hanya itu? Tentu tidak, Andaakan belajar tentang kode etik dan berbagai undang-undang yang berlaku.

Ketika Andameliput berita kriminal, tentu Andaharus mengetahui apa saja undang-undang dan pasal-pasal pelanggaran yang dilakukan. Jurnalis itu selalu menulis berlandaskan fakta, apa yang Andatulis haruslah berdasar dan benar adanya, seformal itu kah? Jawabannya relatif.

Jika Andaberkerja di industri media televisi atau radio dengan konsep program populer, Andadapat menulis script atau berita sesuai segmentasi program tersebut.

Program populer biasanya memiliki segmentasi usia sekitar 15-25 tahun, jadi Andatidak perlu menulis script dengan bahasa yang formal. Sudah ada sedikit gambaran tentang program study yang satu ini?

2. Jurusan komunikasi konsentrasi public relation

Dominasi jumlah mahasiswa jurusan komunikasi yang kedua adalah konsentrasi public relation. Percaya atau tidak, bidang study atau konsentrasi ini hampir 2/3-nya diisi oleh perempuan.

Bukan hanya kemampuan berkomunikasi yang efektif, Andajuga akan belajar membangun relasi dan menjaga hubungan dengan banyak orang. Untuk Andayang ingin memperdalam ilmu komunikasi secara langsung, Andadapat memilih kuliah jurusan komunikasi konsentrasi public relation.

Prospek konsentrasi public relation

Bagaimana prospek karir dari bidang study yang satu ini? Sangat besar tentunya, mengapa? Setiap perusahaan pasti membutuhkan profesi ini. Akan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kemampuan seorang public relation.

Apa saja kegiatan-kegiatan tersebut? CSR, press release, media internal dan kegiatan lainnya. Berbeda dengan jurnalistik, sesungguhnya Andalah yang berperan sebagai media antara perusahaan tempat Andabekerja dengan masyarakat luas. Citra perusahaan akan ditentukan oleh strategi komunikasi yang Andabuat.

3. Jurusan komunikasi konsentrasi periklanan

Sering melihat unik dan lucunya iklan di televisi? Ingat diputar, dijilat, dicelupin? Atau jeruk makan jeruk?

Ya, Andaakan menjadi seorang copywriter. Tugas copywriter adalah menulis teks iklan yang ada di televisi, radio, cetak, online dan bentuk komunikasi pemasaran lainnya.

Andayang punya pemikiran kreatif dan kemampuan design yang unik, inilah dunia yang Andacari. Mahasiswa konsentrasi periklanan memiliki gaya yang berbeda dibanding mahasiswa bidang study lainnya. Mereka punya ciri khas dan fashion tersendiri, ya mereka adalah calon pekerja kreatif.

Prospek konsentrasi periklanan

Bagaimana karir kedepan untuk lulusan yang satu ini? Sangat prospektif! Pertumbuhan agency advertising saat ini tergolong tinggi.

Bukan hanya media pemasaran konvensional, sektor pemasaran digital pun membutuhkan profesional di bidang ini. Digital marketer, copywriter, sosial media spesialis atau profesi content writer pun dapat menjadi pilihan karir Anda.

Menarik bukan jurusan yang satu ini? Perkembangan komunikasi yang semakin luas, tentu membuat Andamemiliki banyak pilihan untuk mengembangkan karir Anda.

Di sini, Andabukan hanya mempelajari teori-teori saja. Andajuga akan dibekali penguasaan perangkat pendukung. Andaakan mempelajari peralatan broadcasting, kamera, perangkat lunak design grafis, bahkan editing video.

Untuk memperdalam ilmu komunikasi yang Andadapatkan di perkuliahan, Andadapat mempraktekan langsung dengan menjadi karyawan magang, freelance atau volunteer di berbagai media dan perusahaan.

Itulah ulasan yang dapat membantu Andamemilih kuliah jurusan komunikasi berdasarkan minat Anda, semoga dapat membantu Andamengembangkan diri Andake depan. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan?
Iklan by Google