6 Tips Menulis Blog untuk Blogger Pemula

Tips menulis blog untuk blogger baru - Banyak orang yang ingin menulis di blog, tetapi kurang percaya diri melakukannya. Bisa karena takut tulisan yang dibuatnya akan membosankan, topik artikelnya tidak menarik ataupun karena hal lainnya.

Jika perasaan ini ada, yang ada Anda tidak akan mulai menulis. Cara menulis blog sebenarnya sedikit unik. Anda pasti pernah membaca artikel blog yang bahasanya bagus, pembahasannya mendalam dan alurnyapun terstruktur, namun saat membacanya Anda malah tidak mengerti maksud dari isi yang ditulisnyat.

Atau, Anda pernah membaca artikel yang pembawaannya asal-asalan, alur penulisan bebas sebebas-bebasnya tapi maksud isi ceritanya mudah Anda fahami. Pernah tidak? Itulah yang disebut segmentasi pembaca.

Ketika Anda menulis blog, tentu bukan dilihat dari bagaimana gaya dan cara Anda menulis blog, namun lebih ke siapa segmentasi pembaca blog Anda.

Anda tidak usah takut artikel Anda aneh atau tidak disukai. Karakter pembaca itu berbeda-beda, Anda tidak bisa menyamakan pembaca tipe A akan suka dengan penulis B. Begitu juga dengan pilihan topik yang akan Anda ambil.

Nah, berikut ini tips menulis blog untuk Anda yang baru memulai.

1. Memulai dengan Menulis Topik yang Bermanfaat dan Anda Senangi

Memiliki hobi menulis bukan berarti Anda akan menulis semua topik.  Anda pasti akan memilih menulis topik yang Anda senangi saja. Bukan berarti tidak boleh, menulis topik atau hal baru memang akan menambah wawasa dibidang lain, tetapi hasilnya tentu akan kurang maksimal.

Maka, tips menulis blog yang pertama adalah memilih topik yang bermanfaat dan juga Anda senangi.

Pengunjung blog yang datang secara organik, tandanya sedang mengalami masalah. Pengunjung tersebut tentu ingin mendapatkan informasi yang dapat membantunya memecahkan permasalahan yang dialaminya saat ini.

Maka, untuk dapat meningkatkan pengunjung blog yang datang dari search engine, Anda harus menyajikan informasi yang dapat membantu permasalahan mereka.

Misalkan Anda memiliki blog seputar traveling. Mungkin saja selama ini Anda membahasa bagaimana keindahan pantai-pantai yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Ya, mungkin blog Anda telah memberikan mereka refrensi dan infromasi berbagai destinasi menarik yang wajib mereka kunjungi. Namun, big point-nya bukan itu.

Hal lain yang ingin mereka ketahui adalah cara tercepat mengakses lokasi tersebut, berapa biayanya, di mana lokasi penginapan terdekat dan berapa perkiraan total anggaran yang harus mereka persiapkan.

2. Menulis Artikel Padat dan Jelas

Bedanya menulis artikel di blog dan media cetak adalah perangkat materialnya. Blog dibaca di layar monitor  yang terkadang melelahkan mata.

Apalagi, jika Anda membacanya di layar gadget. Jadi, untuk para penulis artikel, maka buatlah artikel yang padat  dan jelas, maksimal 300-500 kata saja. Pembaca di blog lebih menyukai tulisan yang sederhana dan langsung ke pokok permasalahan.

3. Tentukan Bagaimana Alur dalam Artikel

Jika Anda ingin menulis topik  A, pastikan Anda faham seperti apa alur artikelnya. Sederhananya, Anda sudah tahu seperti apa pembukanya, bagaimana mengembangkan alurnya, dan bagaimana cara mengakhirinya. Gampangnya, Anda tahu apa masalah yang muncul dan bagaimana penyelesaiannya.

Selain ke-3 hal diatas, Anda juga harus memperhatikan hal lain yang tidak kalah penting. Banyak blogger pemula yang kurang memperhatikan navigasi pada blognya. Pengunjung bukan hanya menilai bagaimana pembawaan serta kemampuan cara menulis blog yang Anda miliki, namun juga bagaimana kemudahan navigasi blog si empunya.

4. Tampilan Artikel yang Berhubungan

Jika mereka ingin berkunjung ke pantai, namun jarak pantai yang Anda review masih terlalu jauh dengan domilisi para pembaca yang berkomentar, maka salah satu alternatif lainnya yaitu dengan membuat artikel pantai lainnya dengan lokasi yang lebih dekat dengan domisi pembaca tadi. Hal ini dilakukan sebagai strategi dalam mempertahankan pembaca setia blog Anda.

5. Berikan Postingan Terpopuler

Postingan populer bukan hanya menunjukan artikel tersebut banyak dibaca. Postingan populer juga berfungsi sebagai bahan refrensi bacaan bagi pengunjung yang datang. Bisa saja, mereka juga akan teratrik dengan topik populer tersebut.

6. Sajikan Navigasi Menu yang Mudah

Jangan menggangap navigasi menu sebagai hal yang tidak begitu penting. Navigasi menu merupakan faktor terpenting bagi user exsperien blog Anda. Buatlah navigasi yang mudah untuk diakses dan jelas.

Pastikan menu sudah menampilkan semua kategori. Jangan menampilkan beragam widget yang tidak berhubungan dengan nice blog Anda. Selain memberatkan, banyaknya widget yang tampil juga dapat membingungkan pengunjung

Setelah Anda tahu tips menulis blog diatas, saatnya Anda up grade tujuan Anda menulis. Jika tujuan Anda sebelumnya hanya menyalurkan hobi, kali ini Anda dapat manfaatkannya untuk mendulang rupiah.

Bagaimana caranya? Anda dapat menjadi content writer. Kalau Anda belum tau apa itu content writer, sebaiknya Anda baca artikel tentang profesi content writer berikut terlebih dahulu.

Postingan terkait: