Pengertian Magang dan Manfaatnya untuk Akademisi dan Karir Anda

Pengertian magang - Momen kelulusan memang menjadi hal yang paling ditungu mahasiswa tingkat akhir. Bukan tanpa alasan, momen kelulusan seolah menjadi klimaks untuk melepas status mereka sebagai mahasiswa.

Setelah menempuh empat tahun perkuliahan dan harus menyelesaikan penelitian ilmiah, momen kelulusan seolah menjadi langkah awal menuju dunia profesi dan pekerjaan sesungguhnya.

Dalam realitanya, semua itu tidak lantas menjamin kesuksesan mereka nanti. Fokus menuntut ilmu di bangku perkuliahan memang menjadi sebuah keharusan. Namun, tidak ada salahnya mencoba pengalaman baru di luar materi dan teori-teori selama ini.

Dalam dunia kerja nanti, Anda akan dihadapkan oleh situasi-situasi di luar apa yang sudah Anda pelajari selama ini. Bahkan, sebelum memulainya, Anda juga harus menjalani situasi dimana Anda akan bersaing dengan banyak kandidat yang memiliki kemampuan sama baiknya dengan Anda, atau mungkin lebih.

Anda yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa, ada baiknya mulai mencari ilmu-ilmu baru dan mengaplikasikannya secara langsung. Lalu, Apa saja yang mungkin dapat Anda lakukan untuk mengembangkan potensi Anda saat ini?

Anda dapat mencoba menjadi karyawan magang, freelancer ataupun volunteer. Lantas, apa pengertian magang?

Pengertian magang

Pengertian magang bisa diartikan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan pada bidang yang dipelajarinya secara langsung, dengan cara mengaplikasikannya kedalam situasi kerja yang sesungguhnya.

Ketika menjadi karyawan magang, Anda akan belajar dan dibimbing langsung dengan situasi dan kondisi kerja sesungguhnya. Lalu, apa saja tanggung jawab, keuntungan dan tujuan magang?

Tanggung  jawab menjadi karyawan magang

Pengertian magang bukan hanya sekedar belajar dan bekerja, namun juga tanggung jawab. Saat mengikuti program magang, biasanya Anda akan mendapat bimbingan sebesar 70% dan tanggung jawab kerja 30%. Mungkin, tanggung jawab atas pekerjaan yang Anda lakukan dapat dikatakan kecil, namun bukan berarti Anda mengerjakannya dengan tidak sungguh-sungguh.

Tanggung jawab 30% ini dapat Anda jadikan pengalaman untuk mengaplikasikan semua teori-teori yang Anda pelajari sebelumnya.
Tujuan magang

Tujuan magang adalah untuk mengaplikasikan semua teori-teori di perkuliahan yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Selain itu, magang adalah satu persyarat yang harus Anda lalui sebelum mengambil matakuliah seminar ataupun skripsi.

Tujuan magang adalah untuk melatih analisis Anda terhadap persoalan yang terjadi di tempat Anda melakukan magang. Jika Anda mahasiswa komunikasi jurusan public relation, menjadi Public Relation Account Executive dapat menjadi pilihan.

Anda dapat mengikuti program magang di perusahaan PR (Public Relation) untuk mengasah analisis Anda mengenai strategi komunikasi, membangun image perusahaan serta melakukan branding produk melalui event dan kegiatan CSR. Kelak di dunia kerja nanti, Anda tidak akan merasa kikuk dan sudah mengetahui apa saja yang boleh dan tidaknya Anda lakukan.

Namun, lain halnya jika kita melihat dari kaca mata seorang mahasiswa, akan ada satu tujuan utama yang mereka ingin dapatkan. Tujuan itu bisa meliputi tujuan akademis ataupun non akademis. Apa sajakah itu? Berikut  pengertian magang dari sisi akademis.

Tujuan magang dari sisi akademis

1. Melatih analisis problem solving
Setiap teori yang Anda dapatkan, tentu akan berbeda ceritanya jika dihadapkan dengan masalah yang sesungguhnya.

“Teori beranggapan seperti ini, maka pemecahan masalahnya seperti ini”, yakinkah seperti itu? Bagaimana dengan faktor-faktor lainnya yang berpengaruh? Itulah tujuan magang sesungguhnya.

Di sana, Anda akan belajar memecahkan masalah dengan menganalisis berbagai factor dan kemungkinan. Anda akan menganalisis masalah dengan memilah teori mana yang sesuai.

Bisa saja, dari tangan Anda, teori A akan melahirkan teori A1, A2, A3 dan seterusnya. Bahkan teori-teori tersebut lebih tepat diterapkan untuk menghadapi masalah yang terjadi saat itu.

2. Mencari topik untuk skripsi nanti
Memilih topik untuk laporan magang sebenarnya adalah hal penting. Mengapa saya menggunakan kata “sebenarnya”? Karena jika Anda berniat menggunakan topik tersebut, topik tersebut bisa saja Anda gunakan kembali untuk penelitian skripsi nanti.

Maka, pilihlah topik yang sekiranya Anda sudah kuasai dan senangi. Jangan memilih topik hanya karena topik tersebut terdengar keren.

Banyak sekali mahasiswa yang melakukan magang sekaligus mencari topik skripsi untuk diajukan nanti. Jika mengolah topik tersebut malah akan menyulitkan Anda, jangankan untuk skripsi, rasanya menjadikan bahan laporan magang pun akan sulit.

Tujuan magang dari sisi non akademis

1. Menambah uang saku
Dari sisi finansial, Anda juga akan mendapatkan uang saku tambahan yang cukup menarik. Namun, kenyataannya sayapun terkadang masih menimbang-nimbang hal ini.

Jika ada dua pilihan tempat untuk menjadi karyawan magang, tentu saya memilih tempat yang memberikan saya uang saku, walaupun hanya sekedar untuk transport ataupun makan siang.

Bagi beberapa mahasiswa yang sudah mandiri, pengeluaran akan menjadi pertimbangan yang berat. Belum lagi saat membuat laporan, berapa banyak biaya foto copy dan buku yang harus mereka keluarkan.

Sebenarnya jika kita lebih bijak, poin utama bukan seberapa besar jumlah uang yang Anda dapat, melainkan pengalaman dan jirih payah Anda ketika mendapatkan uang tersebut. Kelak Anda akan lebih menghargai uang dan sudah lebih bijak ketika menggunakannya.

2. Berharap dapat diagkat menjadi pegawai
Lingkungan kerja yang mendukung, orang-orang yang kompeten dan kekeluargaan yang tinggi. Siapa yang tidak ingin bekerja disana, apalagi perusahaan tersebut menjadi incaran selama ini.

Bertolak belakang dengan tujuan magang sebelumnya, tujuan magang yang satu ini karena alasan rasa suka. Entah mendapat uang saku atau tidak, Anda tetap memilih perusahaan tersebut.

Bagaimana dengan Anda, tujuan apa yang Anda harapkan dari program magang yang Anda ikuti? Atau, mungkin saja Anda punya tujuan lain?

3. Dapat mengembangkan dan memperluas network
Tujuan magang lainnya yaitu dapat membangun network dengan banyak orang. Network ini akan berguna ketika Anda mencari pekerjaan pasca lulus dari perkuliahan nanti.

Anda akan mendapat recommend dari orang-orang yang Anda kenal saat melakukan program magang. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka akan meminta Anda secara langsung untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Dari pengertian magang tersebut, bukan hanya seputar teori dan materi, namun juga sebagai sarana mengembangkan dan memperluas network kita kelak.

Postingan terkait: