Keputusan Pembelian Konsumen Dimulai dari 3 Tahap Ini

Keputusan pembelian konsumen pada produk Anda - Penerapan strategi pemasaran tentu bertujuan  meningkatkan nilai transaksi penjualan.

Barometer nilai penjualan akan didasari oleh seberapa besar keberhasilan Anda mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Keputusan tersebut tentu membutuhkan proses yang cukup panjang. Untuk itu, kita akan membahas tentang perilaku konsumen, khususnya keputusan pembelian konsumen. Bagaimana tahapan keputusan pembelian konsumen itu? Ini ulasannya.

1. Product knowledge

Product knowledge atau pengetahuan pada produk adalah tahap pertama yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Tahap ini merupakan awal yang berpengaruh terhadap keputusan mereka apakah akan membeli produk Anda atau tidak.

Pada umumnya, kita cenderung membeli produk dengan merek yang sudah kita ketahui saja, di sinilah pentingnya product knowledge.

Apa saja yang konsumen Anda perlu ketahui?

Ada 4 hal yang harus dapat Anda tampilan, yaitu: Apa produk yang Anda jual, untuk apa produk tersebut, bagaimana cara menggunakannya dan di mana mereka dapat membelinya.

Produck knowledge sendiri masuk kedalam ranah kognitif. Maka, penting bagi Anda memberikan fakta dan informasi yang dapat mendukung keputusan pembelian konsumen.

2. Product belief

Product belief atau kepercayaan pada produk adalah keyakinan konsumen terhadap produk Anda dibandingkan kompetitor sejenis.

Belief termasuk ranah afektif atau perasaan. Mungkin calon konsumen sudah mengetahui produk Anda, tetapi tidak menjamin keputusan mereka untuk mebeli produk dari Anda.

Indikator kepercayaan sangatlah unik, terkadang konsumen lebih memilih membayar lebih mahal karena alasan kepercayaan.

Sama seperti calon konsumen lainnya, saya pun lebih memilih membeli produk yang sudah saya percaya keunggulannya.


Faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen pada produk

Faktor-faktor tersebut seperti: Ekuitas merek (Brand Ecquity), nama besar perusahaan, lamanya perusahaan berdiri, testimonial dari orang lain, iklan yang sering terlihat (rebranding) dan faktor lainnya.

3. Behavior

Behavior atau tindakan adalah tahap terakhir yang menentukan keputusan pembelian konsumen. Konsumen dikatakan telah mengambil keputusan jika ia telah membeli produk Anda. Jika belum membeli, berarti ia masih dalah tahap pengambilan keputusan (afektif).

Bagaimana agar calon konsumen memilih untuk membeli produk dari Anda?

Pada tahap ini, Hal yang harus Anda lakukan hanya dengan memberikan fasilitas atau promo menarik.
Hal itu dapat Anda laukan dengan promosi, kuis berhadiah, potongan harga dan kegiatan lain yang dapat mendukung minat calon konsumen untuk membeli.

Keputusan pembelian konsumen pada produk Anda tentu bukan hanya karena faktor harga dan kualitas. Terkadang calon konsumen kurang mendapatkan informasi mengenai produk Anda. Untuk itu, berikan informasi dan pemahaman terlebih dahulu.

Tingkatkan kepercayaan mereka dan kredibilitas Anda sebagai penjual. Kemudian, berikan promo menarik dan sediakan pusat pelayanan dan bantuan. Keputusan membeli memang ditangan mereka, namun Anda adalah pemantiknya.

Postingan terkait: