3 Tips Menjadi Penulis Artikel Freelance

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Tips menjadi penulis artikel freelance - Profesi penulis artikel freelance cukup diminati saat ini, khususnya bagi Anda yang ingin bekerja tanpa terikat jarak dan waktu.

Cepatnya perkembangan informasi membuat penulis artikel freelance semakin banyak dibutuhkan. Kepopuleran pekerja freelance selaras dengan tumbuh besarnya perusahaan tenaga kreatif di bidang digital.

Meningkat dan bertumbuhnya bisnis digital membuat antusias banyak orang mulai melirik profesi ini. Suksesnya Anda melakoni profesi penulis artikel atau content writer freelance, tentu bukan hanya dinilai dari kemampuan menulis saja, namun juga bagaimana cara menuangkan idea dan topik agar menjadi tulisan yang menarik.

Jika Anda tertarik, Anda dapat mencari pekerjaan penulis artikel freelance di sribulancer.com atau projects.co.id. Untuk Anda yang berminat dengan freelance content writer, berikut tips dan ulasannya:

1. Gunakan gaya bahasa popular dan komunikatif

3 Tips Menjadi Penulis Artikel Freelance
Tips menjadi penulis artikel freelance yang pertama adalah kemampuan menggunakan beberapa gaya bahasa. Bahasa baku terkadang sedikit membosankan untuk dibaca. Ada kalanya Anda harus mengemas tulisan kedalam bahasa yang lebih popular dan ringan.

Tulisan dengan gaya demikian, diyakini lebih mudah difahami dan readable. Khususnya jika target pembaca Anda adalah usia muda.

Untuk menciptakan kesan dua arah antara Anda dan pembaca, Anda juga harus mengemas tulisan menjadi lebih komunikatif.Buatlah seolah-oleh pembaca dan Anda sedang berkomunikasi, bukan sedang membaca tulisan Anda. Ajak pembaca seolah-olah ikut serta kedalam tulisan yang Anda buat.

2. Buat pelanggan Anda puas

Service atau pelayanan yang memuaskan adalah hal wajib bagi seorang penulis artikel freelance. Mampu memberikan tulisan terbaik kepada pelanggan adalah hal penting. Namun, mampu mengerjakannya sesuai dengan waktu dan deadline yang disepakati adalah keharusan.

Pelanggan akan menilai tidak hanya dari kualitas tulisan, tapi juga estimasi waktu. Untuk itu, seorang penulis artikel freelance tidak hanya pandai menulis, tetapi juga mampu menjaga kualitas pelayanannya.

3. Sesuai kaedah bahasa Indonesia dan SEO friendly

Tips menjadi penulis artikel selanjutnya mungkin lebih ke arah teknis. Selain kemampuan akedimis, hal lain yang tidak luput diperhatikan dari seorang penulis artikel freelance adalah penggunaan kaedah bahasa Indonesia yang benar.

Kaedah yang dimaksud seperti: tidak ada kesalahan tulis, ejaan, penggunaan tanda baca dan kaedah penulisan lainnya. Pelanggan Anda tentu ingin artikel yang dipesannya dapat mendongkrak nilai SERP web-nya di halaman search engine.

Untuk itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana penggunaan link, pemilihan dan penempatan keyword. Ada baiknya, Anda juga harus update terhadap berita atau isu teknis tentang search engine optimizing.

Profesi penulis artikel freelance ini juga sarat dengan profesionalitas seperti halnya pekerjaan formal lainnya. Menjadi seorang penulis artikel freelance berarti Anda harus mampu memenuhi standar penulisan yang diinginkan pelanggan Anda.

Mampu yang saya maksud, berarti tidak hanya kualitas artikel saja, tapi juga mampu menerapkan professionalisme dan menjaga kepercayaan pelanggan Anda. Bagaimana tips menjadi penulis artikel freelance di atas? Ada masukan lain?
Iklan by Google