Content Writer Adalah Profesi Populer Saat Ini! Mengapa?


Content writer adalah profesi yang berhubungan dengan dunia internet dan tulis menulis. Jasa content writer atau dalam bahasa Indonesia disebut penulis artikel sudah semakin banyak dibutuhkan. Hal ini seiring dengan tumbuh dan cepatnya perkembangan arus informasi dan teknologi internet.

Saat ini, informasi bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk didapatkan. Hanya dengan bermodal gadget dan sambungan internet, semua orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Kemudahan dalam menyampaikan dan menerima informasi inilah yang dipandang sebagai pemasaran digital.

Berkembangnya sektor pemasaran digital, tentu membuat banyak perusahaan yang secara khusus membentuk divisi tersendiri untuk mengelola sektor ini. Maka, dirasa pantas jika content writer adalah salah satu profesi yang cukup populer saat ini.

Sebelumnya membahas lebih lanjut, mungkin kamu pernah mendengar beberapa profesi yang berkaitan dengan pemasaran digital lainnya, atau mungkin saja kamu tertarik berprofesi di bidang ini?

Sebagai salah satu cara pemasaran produk secara digital, kita tidak akan pernah lepas dengan istilah content atau dalam bahasa Indonesia disebut konten. Content  atau konten inilah yang akan didistribusikan sebagai sebuah informasi.

Apa itu content?

Content Writer Adalah Profesi Populer Saat Ini! Mengapa?
Bill Gates sendiri berbendapat "Content is King". Sebelum membahas lebih dalam mengenai content, ada baiknya kamu memahami telebih dahulu apa sebenarnya content itu. Untuk mempermudahnya, makna content kali ini kita akan persempit dari sudut pandang pemasaran digital saja.

Dalam pemasaran digital, baik sosial media, website dan format media digital lainnya, definisi content adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh khalayak, baik itu gambar, teks, video, suara dan animasi.

Dari sekian banyak bentuk content, mungkin teks atau tulisanlah yang menjadi titik berat dan fokus utama. Bukan tanpa alasan, format teks atau tulisan dalam dunia digital memang menjadi regenerasi peran media cetak sebagai media informasi di era sebelumnya.

Salah satu profesi yang menangani bidang content disebut content writer. Dalam bahasa Indonesia disebut penulis artikel. Sebenarnya, profesi content writer adalah profesi yang tergolong umum. Profesi ini terbuka untuk semua kalangan, bukan hanya untuk para jurnalis atau pun kalangan dengan akademisi dunia tulis menulis saja.

Apa itu content writer?

Content writer adalah profesi yang berfokus pada keterampilan menulis mengenai topik atau bidang tertentu. Lebih dari itu, seorang content writer sebaiknya juga memiliki pemahaman yang lebih dalam dari topik yang ditulisnya.

Seorang content writer biasanya bermula dari sekedar menyalurkan hobi menulisnya semata. Topik yang diangkatnya pun biasanya seputar hobi atau hal-hal lain yang disukainya.

Apa content writer adalah penulis web?

Menjadi Penulis Atikel
Apa pekerjaan content writer hanya menulis topik artikel untuk di-publish di web saja? Tentu tidak. Dalam pemasaran digital, content juga berperan sebagai landing bagi keyword yang akan kamu optimizing.

Hal itu dilakukan untuk mendapat posisi pertama di halaman search engine. Tidak semua, tapi akan lebih baik jika seorang content writer juga memiliki pengetahuan tentang search engine optimizing.

Jika sudah memiliki pemahaman tentang hal ini, pekerjaan content writer selanjutnya adalah menentukan penempatan keyword dan menanamkan back link agar artikel yang dibuatnya SEO friendly.

Kembali ke bahasan utama kita. Saat ini, content writer juga banyak menulis berbagai topik umum, bahkan seorang freelance dan seorang profesional pun bisa menulis bermacam-macam topik. Biasanya, topik yang ditulis akan disesuaikan dengan pesanan dan permintaan client-client-nya. Mungkin hal yang terpenting adalah bagaimana menyajikan artikel yang menarik di mata pembaca.

Profesi content writer ternyata juga dapat dilakoni oleh seorang pelajar. Namun, dengan bahasan yang lebih ringan tentunya, seperti lingkungan sekolah, musik, fashion style dan gaya hidup yang sedang trend saat ini.

Jika kamu mahasiswa jurusan komunikasi atau bahasa, menjadi karyawan magang atau pekerja freelance di perusahaan media online dapat menjadi sarana yang tepat untuk mengasah keterampilan dan melatih kreatifitas kamu di bidang tulis menulis.

Untuk kamu yang memiliki hobi traveling dan menulis, dapat juga menjadi seorang travel writer.

Seseorang yang memiliki hobi menulis dan senang melakukan traveling, tentu akan lebih mudah menulis topik traveling. Hobi dan pemahamannya tentang traveling, tentu membuat tulisannya lebih menarik dan variatif.

Pengalaman menjadi content writer sebagai pekerjaan

Banyak orang yang memilih menjalani content writer sebagai pekerjaan. Entah freelance atau pekerja tetap di sebuah perusahaan, media atau agensi sekalipun, memilih pekerjaan sebagai content writer sejatinya harus dilandaskan oleh hobi menulis kamu.

Tidak hanya menulis, ketika kamu mendapatkan topik pembahasan yang baru atau asing di telinga, kamu juga dituntut untuk mencari refrensi dan banyak informasi tentang hal itu. Tidak jarang, kamu juga harus banyak membaca dan mengeksplore topik atau bahasan tersebut lebih mendalam.

Maka, seorang content writer tentu akan lebih baik jika ia tidak hanya memiliki hobi menulis saja, namun juga membaca.

Banyak yang menyatakan, jika content writer haruslah berlatar belakang dunia jurnalistik, apakah itu benar?

Hal ini tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah, mengapa? Orang yang berlatar belakang jurnalistik umumnya sudah mendapat pembekalan tentang bagaimana mengkaji lebih dalam suatu topik agar lebih menarik dan sesuai dengan segmen pembaca yang ditujunya.

Selain itu, pembawaan orang yang pernah mengenyam jurusan jurnalistik umumnya mereka sudah dibekali dengan kemampuan menulis baik itu berita ataupun copy (copywriting). Tentu, hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi mereka. Karena itu, banyak sekali perusahaan atau media yang lebih memilih orang yang memiliki latar belakang tersebut.

Lantas bagaimana jika kita bukan orang yang berasal dari bidang jurnalistik? Apakah kita bisa mempunya kesempatan untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini?

Jawabannya tentu saja bisa. Kita ambil contoh perusahaan media yang menghubungkan dokter dan pasien. Mereka memiliki media atau blog sendiri, di mana blog itu membahas banyak persoalan tentang kesehatan. Tahu kah kamu, jika para content writer di perusahaan tersebut adalah dokter-dokter yang kebetulan juga suka menulis. Bahkan, mereka memiliki blog pribadi sendiri.

Ada lagi cerita lain mengenai content writer ini, yaitu di sebuah perusahaan keuangan di mana perusahaan ini menjadi perantara antara bank dan para nasabah baik yang ingin meminjam uang, mencari tabungan yang cocok, atau membuat kartu keredit. Di perusahaan ini, justru para content writer-nya adalah seorang lulusan perbankan.

Ya, mereka di nilai memiliki kapasitas lebih baik saat menjelaskan produk-produk perbankan di blog perusahaan tersebut. Jadi, tidak masalah apa latar belakang kamu. Jika kamu suka menulis, tentu kamu bisa juga melakoni profesi ini.

Apa itu travel content writer?

Lalu apa sebenarnya profesi pekerjaan travel content writer itu? Mudahnya, travel content writer adalah profesi yang menulis seputar pengalaman perjalanannya di beberapa tempat yang disinggahinya untuk dipublikasikan.

Tulisannya pun juga tidak hanya sebatas cerita keberangkatan hingga sekembali dirinya. Cerita yang ditulis akan sangat beragam, tulisan akan dikemas dari beragam sudut pandang, mulai dari seni, arsitektur, kegiatan masyarakat sekitar, tempat peninggalan bersejarah, panorama alam, adat istiadat, makanan atau cerita unik seputar tempat hiburan yang disinggahinya.

Travel content writer adalah pilihan tepat jika?

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang travel content writer adalah kejeliannya dalam menulis momen-momen menarik dan unik untuk dituangkan dalam tulisan.

Setiap orang bisa saja pergi ke tempat yang sama, namun belum tentu akan menceritakan hal yang sama persis. Sebelum pergi ke lokasi tujuan, ada baiknya kamu harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang lokasi tersebut.

Anda dapat melakukan riset dengan membaca artikel, koran, mendengarkan radio, menonton televisi atau mencari tahu dari sumber informasi pendukung lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi dan situasi apa saja yang akan dihadapi nanti, sehingga kamu dapat memprediksi apa saja yang harus disiapkan.

Jangan lupa periksa kesehatan kamu terlebih dahulu. Jaga kesehatan Anda, karena kamu akan berhadapan dengan banyak kegiatan dan aktivitas yang cukup menguras tenaga.

Sebagai seorang travel content writer, tentu akan ada kepuasan tersendiri jika tulisan kamu dapat dibaca oleh banyak orang.

Esensi dari seorang travel content writer adalah kebebasan mengapresisikan tulisannya. kamu dapat menulis cerita dengan gaya bahasa apa saja, tergantung bagaimana kamu ingin membawa cerita tersebut.

Saat ini, banyak sekali perusahaan traveling yang memanfaatkan pemasaran digital sebagai strategi komunikasi pemasarannya. Dengan menjadi freelancer online content writer atau berkerja menjadi travel content writer di salah satu perusahaan tersebut, tentu akan ada dua keuntungan yang kamu dapat sekaligus.

Pertama, kamu dapat menikmati hobi traveling dan menulis kamu secara bersamaan. Kedua, tulisan kamu dapat dinikmati oleh banyak orang. Selain itu, dari hasil tulisan tersebut, kamu juga dapat menambah pundi-pundi rupiah dikantong Anda. Ingin menyalurkan hobi menulis dan jalan-jalan Anda? Profesi inilah jawabannya.