Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Permarksaran.com – Membeli laptop bekas atau second, bukan berarti kualitas sudah tidak baik lagi. Walaupun ada kasus, di mana laptop bekas ada yang sudah pernah diservice, setelah dipakai beberapa hari mengalami kerusakan, atau komponenya mengalami masalah, namun bukan berarti kita menggeneralisir semua laptop bekas tidak berkualitas.

Yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli laptop bekas, yaitu ketelitian dan kecermatan Anda dalam melihat kondisi fisik maupun kompenen laptop secara keseluruhan.

Bahkan, ada pula orang yang berani membeli laptop bekas padahal dia tidak mengerti sama sekali tentang laptop. Nah, kasus seperti ini kerap menjadi sasaran empuk penipuan para penjual laptop nakal.

Panduan dan Tips Membeli Laptop Bekas

Untuk memperjelas pembahasan kita tentang tips cara membeli laptop bekas kali ini, maka pembahasan atau penjabarannya akan kita bagi ke dalam beberapa poin. Apa saja itu, berikut tips dan ulasannya:

Cek dan Periksa Secara Detail Bagian Fisik Laptop

Jangan tergiur dengan tampilan yang mulus. Dalam beberapa kasus, tampilan fisik dari laptop kerap menipu. Namun, mengecek fisik adalah point utama sebagai acuan dalam menentukan kualitasnya. Sebagai contoh, jika fisiknya ada retakan, sudah pasti laptop bekas tersebut pernah terjatuh.

Dan, tidak menutup kemungkinan komponenya ada yang mengalami kerusakan juga akibat jatuhnya laptop tersebut.

Fisik lapotp juga bisa menjadi barometer bagaimana pemilik sebelumnya merawat dan menggunakan laptop tersebut. Jika fisik laptop sudah kurang baik, jangan harap performa dan kondisi komponennya masih berkualitas.

Coba Lihat dan Cek Garansi

Laptop bekas yang garansi entah itu garansi toko ataupun garansi distributor resminya masih hidup, patut kita pertimbangkan. Karena apa? karena semua elektronik yang memiliki garansi akan lebih menguntungkan ketika terjadi kerusakan atau masalah.

Ya, jika memang tidak ada garansi sama sekali, paling tidak si penjual berani memberikan garansi personal selama 2 minggu uang kembali jika laptop tersebut bermasalah. Namun, pastikan juga kita tau di mana toko atau rumah si penjual laptop bekas tersebut.

Lihat Komponen dan Performanya

Tahap selanjutnya, yaitu mengecek fungsi dari komponen – komponen laptop bekas yang akan kita beli tadi. Contohnya, jika kita dapat cek port USBnya, lihat apakah semua port dapat berfungsi dengan baik. Cek juga juga DVD – ROM, keyboard, webcam, serta kondisi suara dari speakernya.

Baterai dan Charger Bekerja dengan Baik

Salah satu keluhan yang sering dialami pembeli laptop bekas adalah baterai yang mudah drop. Umumnya, penggunaan laptop yang salah, akan berpengaruh terhadap kinerja atau kualitas baterai yang menurun. Bahkan, kemampuan menyimpan daya listrik dari baterai itu sendiri akan lama dan tidak maksimal.

Cara melihat kondisi dan performa baterai lapto yang mudah, yaitu dengan melihat indikator terlebih dahulu pada level, kemudian tunggu dan coba buka banyak aplikasi secara bersamaan dan cukup berat selama 5 – 10 menit.

Apabila baterai mengalami penurunan yang cukup extereme, bahkan langsung drop ke level terendah, maka lebih baik batalkan saja kegiatan jual beli laptop bekas tersebut.

Bahkan, harga baterai cukup mahal. Dari pada mengganti baterai laptop, lebih baik membeli laptop bekas yang lain, atau mungkin membeli laptop yang masih baru.

Selain baterai, charger juga harus diperhatikan. Pastikan tidak ada kabel yang mengelupas atau ada bekas gigitan tikus di sana. Pastika juga indikator baterai lancar ketika charger dipasang.

Periksa Layar LCD Laptop Tersebut

Tidak kalah pentingnya dengan baterai, harga LCD sebuah laptop juga cukup mahal. Maka, tidak salah jika kita memastikan kondisi LCD-nya sebelum membeli laptop bekas.

Umumnya, LCD laptop bekas yang baik tidak ada dot pixel pada layar LCD-nya. Cara mudahnya mengetahui apakah ada dot pixel pada layar laptop bekas tersebut, yaitu dengan mengganti wallpapernya dengan warna hitam polos.

Setelah itu, perhatikan pada layar, apakah warna selain hitam disana, coba kembali dengan warna putih polos, dan pastikan hasilnya juga sama.

Cek dan Bandingkan Harga Pasar

Sebelum membeli, cek harga adalah poin terpenting. Ya, bagaimana pun pembeli yang bijak adalah pembeli yang tahu berapa harga yang pantas untuk barang yang dibelinya. Hal ini juga berlaku ketika kita akan membeli laptop bekas.

Harga laptop bekas yang berkualitas, umumnya turun sekitar 20% – 40%. Hal tersebut juga tergantung dari kondisi barang serta berapa lamanya pemakaian.

Nah, itu saja mungkin tips membeli laptop bekas yang berkualitas. Yang terpenting, agar tidak tertipu, pastikan Anda tahu siapa penjualnya. Syukur-syukur, Anda mengenal penjual tersebut. Sehingga, jika ada masalah atau kendala, Anda bisa meminta bantuan dan pertanggung jawabannya.

Related Posts: