Tips Membeli Kamera Mirrorless Agar Tidak Salah Beli

Permarksaran.com – Belakangan ini, dunia fotografi kian digemari semua kalangan. Tidak hanya yang sudah cukup usia saja, para muda-mudi pun juga menggandrungi dunia yang satu ini. Hal ini juga tidak lepas karena aktifitas selfie yang juga kian populer.

Sedikit berbeda, orang-orang yang menyukai travelling tentu juga tidak lepas dengan dunia kamera atau fotografi. Hanya saja, objek yang mereka ambil berbeda, yaitu lokasi yang unik dan menarik.

Hal ini cukup wajar, mengingat tempat dan lokasi yang unik dapat menjadi bahan ulasan mereka. Selain itu, objek-objek tersebut juga sayang jika tidak diabadikan dengan baik.

Sebagai salah satu barang berharga yang tentunya tidak boleh untuk dilupakan, Anda para traveler wajib hukumnya untuk memiliki barang yang satu ini.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara dan tips membeli kamera mirrorless itu? Oke, kita akan bahas sekilas tentang kamera mirrorless terlebih dahulu.

Kamera Mirrorless adalah jenis kamera yang tergolong ringan, seperti namanya, kamera ini juga tidak dilengkapi dengan cermin di dalamnya.

Jika pada kamera DSLR, cermin tersebutlah yang menyebabkan kamera DSLR menjadi sedikit berat. Bobot ini juga belum termasuk apabila ditambah dengan lensanya.

Fungsi cermin pada kamera DSLR sendiri bertujuan memantulkan objek yang dibidik ke viewfinder. Nah, pada kamera Mirroles, cermin ini memang sengaja ditiadakan agar design kamera dapat dibuat lebih kecil, simpel, dan praktis. Oke, kepembahasan utama kita:

Tips Membeli Kamera Mirrorless bagi Pemula

Tips Membeli Kamera Mirrorless untuk Pemula

Walaupun tanpa cermin, kamera juga cukup mahal. Rasanya saying jika Anda membeli hanya sebatas untuk kegiatan memotret hal sehari-hari saja. Memang, umumnya kamera mirrorless dibeli untuk tujuan atau kegiatan professional.

Kenali Kebutuhan Anda

Seperti yang statement di atas, setiap perangkat elektronik, termasuk kamera, memiliki segmentasi tersendiri. Umunya, setiap level diibagi kedalam kategori entry level hingga pro. Untuk itu, sebelum Anda membeli kamera mirrorless, pastikan telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini.

Jika hendak membeli kamera yang mungkin hanya untuk sekedar berfoto saja, lebih baik membeli spesifikasi yang biasa saja.

Fitur pada kamera biasa juga sudah sangat mempuni untuk menjepret gambar atau moment sehari-hari. Begitu pula ketika membeli kamera jenis ini, pilihlah jenis kamera mirrorless dengan spesifikasi yang biasa saja.

Pilihan Lensa yang Tepat

Saat membeli kamera mirrorless, Anda tidak hanya memilih kamera body only saja, namun juga lensa kit atau lensa bawaannya.

Hampir seperti ketika membeli kamera DSLR, lensa kamera mirrorless juga dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda yang memang masih pemula, atau hanya sekedar mengabadikan keseruan sehari-hari, lensa kit masih dapat diandalkan.

Perhatikan Fitur yang Dimilikinya

Beragam fitur yang ditawarkan oleh vendor kamera, tentu menggoda. Namun jangan lengah, perhatikan pula budget yang Anda miliki.

Jika memang budget menjadi kendala, Anda dapat memilih kamera mirrorless yang memiliki fiur terpenting saja, seperti sensor kamera minimal 4/3, kemampuan shutter speed 30 detik ke atas, Autofokus yang cepat, serta ISO yang besar.

Namun, jika Anda memiliki dana yang cukup, Anda juga bisa membeli kamera mirrorless dengan fitur terkini yaitu: wifi dan bluetooth, GPS, serta touch screen.

Cek Pula Garansinya

Setiap kita akan membeli produk elektronik, tentu harus memperhatikan hal ini. Garansi merupakan hal terpenting. Ketika membeli kamera mirrorless pun begitu, tidak jauh berbeda, Anda juga harus memperhatikan garansi resmi dari produsen, garansi distributor atau toko.

Untuk lebih amannya, lebih baik membeli dari took yang memberikan garansi resmi dari produsennya saja. Hal ini karena persoalan keamanan dan kenyamanan kita sebagai konsumen.

Tips Membeli Kamera Mirrorless Bekas

Tips Membeli Kamera Mirrorless Bekas atau Second

Duh, tapi budget sedang tipis-tipisnya, tapi Anda ingin sekali membeli kamera mirorrless, yasudah lebih baik beli saja kamera mirrorless bekas.

Eits, tunggu dulu, meskipun bekas bukan berarti kualitasnya tidak baguis bagus. Asalkan Anda bisa memilih dan teliti, Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless bekas dengan kualitas baik. Bagaimana dan apa saja tips membeli kamera mirrorless bekas? Berikut ulasannya:

Yang pertama harus Anda lakukan yaitu cek kondisi umum pada body kamera terlebih dahulu. Cek juga tanda-tanda pemakaiannya, apakah kamera tersebut memiliki fisik masih cukup baik. Umumnya Anda bisa meilihat hal tersebut dari lecet atau goresan yang ada.

Lalu perhatikan pula bagian mur atau bautnya, apakah sudah pernah dibongkar atau belum. Jika sudah, tanyakan apakah pernah diservice, lalu mengapa sampai harus dibongkar. Jika  sudah, lihat juga tulisan yang ada di kamera, apakah terlihat atau tidak, dan tidak lupa hal-hal lainnya, seperti kondisi flash-nya, autofocus-nya, serta tombol-tombol fungsional lainnya.

Nah, pastikan juga Anda mengecak kondisi slot memory card-nya. Jika kulitas dan fisik masih dalam 90% layak pakai, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika dibawah itu, lebih baik membeli kamera mirrorless bekas ke orang yang lain.

Pastikan dan Cek Kondisi Lensanya

Lensa kamera adalah bagian vital dan cukup krusial. Kalau bagian ini tidak Anda periksa dengan teliti dan detal, bisa-bisa baru beberapa kali penggunaan ternyata sudah rusak.

Yang perlu Anda lihat dan perhatikan part lainnya, yaitu kondisi karet pada lensa. Pastikan karet tersebut masih cukup kencang. Cek juga hasil jepreta gambar dari kamera tersebut. Lihat, apakah ada jamur atau kotoran yang menempel pada lensa.

Cek Juga Kondisi Baterai dengan Seksama

Apa baterai kamera tersebut cepat sekali drop atau tidak. Persoalan baterai juga tidak kalah vitalnya. Baterai yang bermasalah, tentu akan mengganggu waktu dan tahan lama penggunaanya. Jangan samapai Anda harus merogoh kocek lagi untuk membeli baterai tambahan, karena baterai kamera tersebut mudah drop.

Pastikan Jika Ada Garansi dari Si Penjual

Karena barang ini bekas atau second, tentu berbeda dengan garansi jika kita membeli kamera baru. Namun, bukan berarti Anda tidak meminta garansi pada si penjual. Ya, paling tidak penjual berani menjamin tenggang 2 minggu uang kembali jika kamera tersebut ternyata memiliki masalah.

Harga, Harga dan Harga

Harga memang menjadi salah satu pertimbangan penting ketika membeli produk elektronik. Jangan samapi tergiur hharga murah, namun harga mahal juga tidak menjamin kualitas.

Carilah referensi harga-harga sebelum membeli kamera mirrorless bekas sebanyak-banyaknya, kemudian bandingkan untuk mendapat harga terbaik.

Nah, Itulah tips-tips membeli kamera mirorrless baik yang baru ataupun yang belas. Pastikan Anda sesuaikan dengan kebutuhannya? Serta tujuan dipakainya untuk? Dan saat seperti apa? Dan yangt terpenting cermat memilih, teliti dan cari refrensi sebanyak-banyaknya.

Related Posts: