Tips Membeli iPhone Bekas

Permarksaran.com – Seperti yang kita ketahui, iPhone menjadi salah satu smartphone dengan harga yang cukup mahal. Bagi Anda yang tertarik dan ingin membeli smartphone ini, solusinya alternatifnya yaitu membeli iPhone bekas.

Walaupun sudah second atau bekas, bukan berarti semua kualitas iPhone bekas memiliki performa yang kurang baik.

Panduan Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas Baik

Entah membeli iPhone bekas 5S atau 6S, sebenarnya tidak jauh berbeda. Untuk Anda yang ingin membeli smartphone ini, berikut tips membeli iPhone bekas yang masih bagus dan berkualitas. Bagaimana cara dan tipsnya? Berikut ini ulasannya:

Memilih Tipe iPhone 5S atau 6S

Seri iPhone sangat beragam, begitu juga ketika kita akan membeli iPhone bekas. Jadi, pastikan juga seri iPhone yang Anda beli bukan seri lama. Sama seperti Android, seri iPhone lama juga tidak semuanya kompetible dengan software atau aplikasi terbaru saat ini.

Setidaknya, Anda bisa membeli iPhone 5s atau lebih baik lagi iPhone 6 saja.

Harga iPhone second sendiri beragam. Contohnya: iPhone 5s memilki harga sekitar Rp 3,5-4 juta dan iPhone 6 Rp 6,5-7,5 jutaan.

Pastikan iPhone yang Masih Memiliki Garansi

Jika Anda berencana membeli iPhone bekas di Kaskus atau OLX, ada baiknua iPhone bekas tersebut yang masih memiliki garansi resmi.

Walaupun harganya lebih mahal, tapi setidaknya kita lebih tenang. Misalkan ada kendala atau masalah, maka kita bisa klaim garansi tersebut untuk segera diperbaiki. Selain garansi, ada baiknya juga membeli iPhone yang tidak lebih digunakan dari 2-3 tahun.

iPhone memiliki garansi regional, yaitu garansi yang hanya bisa klaim di negara iPhone tersebut dikeluarkan. Pastikan Anda membeli iPhone yang memang dikeluarkan di Indonesia, agar klaim tersebut dapat berlaku. Untuk mengetahuinya, coba cek di dus belakang kiri bawah.

  • MY/A: Malaysia
  • LL/A: Amerika
  • X/A: Australia
  • ZP/A: Singapore, Hongkong
  • PA/A: Indonesia

Cek dan Perhatikan Nomor IMEI

Nomor IMEI dapat Anda lihat di menu setting>general>about, kemudian kamu dapat cek di website Apple resminya.

Hal tersebut juga bertujuan Untuk mengetaui sisa masa garansi iPhone tersebut.

Cek Fisik Secara Keseluruhan

Tips membeli iPhone bekas selanjutnya lebih kepada fungsionalnya. Yaitu, dengan mengecek fisik dari iPhone bekas tersebut secara keseluruhan.

Pertama periksa tombol home dan responsivitasnya, rasakan apakah masih empuk dan dapat berjalan sempurna. Umumnya, masalah pada komponen komponen ini terkenal cepat rusak.

Periksa juga tombol power serta pastikan masih terasa normal saat ditekan. Kemudian, cek pula charger dan kabel USB-nya, lihat apakah keduanya masih berfungsi dan tidak longgar.

Cek pula jack audionya, dan pastikan pula tidak tersendat-sendat.

Test bagaimana suaranya saat mode speaker dan earphone. Dengar dan pastikan suaranya tersebut tidak pecah. Jika pecah, ada kemungkinan pernah terkena air atau mungkin terendam air.

Cek dan Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Penting untuk Anda ketahui dan perhatikan. Apple tidak menjual komponen iPhone, maka ketika kamu membeli iPhone bekas, pastikan device tersebut tidak ada kerusakan sama sekali.

Cek responsivitas layar secara menyeluruh, pastikan pula fungsi pada layar sentuh berjalan baik. Cek dengan dari atas hingga bawah, kanan kiri sampai pada sudut-sudut layar.

Jangan lupa cek pula sensor rotasinya atau Accelerometer, lihat apakah masih berjalan dengan baik.

Cek juga ambient light sensor. Sensor inilah yang berfungsi meredupkan layar iPhone saat Anda berada di area yang gelap. Bagaimana cara mengecek fitur ini? Caranya dengan mencoba tutup bagian 1/3 layar atas menggunakan tangan.

Kemudian Anda tekan tombol sleep, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol sleep dalam keadaan 1/3 layar masih ditutup. Kondisi normalnya, yaitu layar akan lebih redup dari sebelumnya.

Pastikan segala konektivitas dapat berjalan dengan baik, seperti jaringan seluler, WiFi, Bluetooth, dan GPS.

Yang tidak boleh di lupakan yaitu fungsional kameranya, coba utak-atik fitur kamera dan ambil beberapa foto baik menggunakan Flash atau tidak, dan lihat hasilnya.

Cek juga bagaimana kesehatan baterai tersebut, caranya dengan membuka menu Setting > General > Usage > Battery Usage.

Periksa dan Cek Softwarenya

Untuk dapat melihat iCloud masih aktif atau tidak, Anda dapat memilih menu Setting > iCloud dan pastikan sudah kosong. Jika memang masih ada, segera minta penjual atau pemilik sebelumnya mengeluarkan iCloud-nya, termasuk juga fitur Find My iPhone.

Fitur inilah yang membantu Anda menjalankan iPhone dari jarak jauh. Jadi, mintalah juga kepada orang tersebut untuk mematikan Find My iPhone dan menghapus account milikinya.

iPhone akan selalu meminta password iCloud saat Anda menjalankan aktivitas penting, contohnya ketika menginstal aplikasi.

Untuk itu, ada baiknya segera reset di tempat, bagaimana caranya? Caranya dengan masuk ke Setting > iCloud > Find My iPhone dan matikan (dimana Anda akan dimeminta password iCloud). Kemudian segera Erase All Content and Setting, caranya dengan membuka menu Setting > General > Reset > Erase All Content and Setting.

Apa itu iPhone SU dan FU?

Mungkin Anda masih bingung dengan apa itu iPhone SU dan FU? iPhone FU (Factory Unlock) adalah jenis iPhone yang tidak dikunci oleh pabrikan pembuat, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan berbagai jenis kartu SIM di seluruh dunia.

Sedangkan SU sebaliknya, contohnya iPhone yang dibundle oleh provider lokal seperti Telkomsel, Indosat atau Smartfren.

Nah, itulah beberapa tips membeli iPhone bekas berkualitas. Agar bisa menikmati fasilitas dan fitur terbaru, ada baiknya Anda membeli iPhone seri 5S atau seri 6S. Dengan begitu, Anda bisa menikmati aplikasi dan fitur terbaru dari iPhone saat ini.

Namun, jika Anda kurang yakin dan ingin membeli iPhone 5S atau 6S baru, Anda bisa membelinya di toko online yang sudah terkenal keamanan baik keaslian dan garansinya.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa membeli di Lazada dan Mataharimall.

Related Posts: