5 Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Ribet


Iklan by Google

Iklan by Google

Permarksaran.com, Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan - Kini setiap karyawan pasti diwajibkan untuk memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Sayangnya, tidak semua karyawan tahu bagaimana cara cek BPJS Ketenagakerjaan miliknya. Cek BPJS Ketenagakerjaan umumnya bertujuan untuk melihat jumlah saldo dan status aktif dari si karyawan tersebut. Padahal, untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tidak lah sulit, lho.

Nah berikut ini 4 cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu coba dengan mudah.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi BPJSTK Mobile

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan
halomoney.co.id
Dengan menjamurnya aplikasi smartphone, maka pihak BPJS Ketenagakerjaan pun juga tidak mau ketinggalan. Untuk kamu pengguna smartphone atau ponsel pintar, kamu bisa mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile. Aplikasi ini tersedia untuk beberapa oprating sistem smartphone, seperti Android, iOS serta Blackberry. Cek di sini untuk aplikasi Android BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah mendownload, kamu perlu melakukan registrasi awal terlebih dahulu. Kemudian kamu akan dikirimkan PIN untuk bisa menggunakan menu-menu di dalamnya, termasuk untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan milikmu.

Untuk proses registrasi awal, kamu cukup memasukan beberapa data seperti: nomor KPJ atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan (kamu dapat melihatnya di kartu kepesertaan milikmu).

Kemudian, kamu juga diwajibkan untuk masukkan nomor e-KTP, tanggal lahir dan nama lengkap kamu. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu akan mendapat PIN dan bisa menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini secara penuh.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengirimkan SMS

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengirimkan SMS

Cara yang satu ini  terhitung mudah. Pasalnya, kamu cukup mengirim SMS BPJSTK SMS Service. Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan untuk kamu yang menggunakan nomer GSM Telkomsel dan Indosat saja. Untuk bisa menggunakan cara ini, kamu harus mendaftarkan diri kamu terlebih dahulu, dengan cara:
  1. SMS ke 2757 dengan mengetik DAFTAR
  2. Kemudian kamu akan menerima SMS yang berisi balasan mengenai menu yang dapat kamu pilih yang diantaranya cek saldo, ganti hp, ganti PIN hingga status BPU.
  3. Jika kamu ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan milikmu, cukup mengirimkan SMS di nomor yang sama melalui format: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA
  4. Nah, setelah itu, kamu akan mendapat SMS balasan berupa informasi dan nilai upah gaji kamu, tanggal terakhir iuran serta posisi terakhir saldo.
  5. Untuk bisa menikmati layanan cek BPJS Ketenagakerjaan dengan layanan SMS, kamu akan dikenakan tarif Rp 165 per SMS

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui E-Saldo JHT

Nah, cara selanjutnya juga tidak kalah mudahnya. Untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan milikmu, cukup dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan.
Jika data diri kamu sudah terdaftar sebagai pengguna e-service BPJS Ketenagakerjaan, cukup kunjungi bpjsketenagakerjaan.co.id lalu ke halaman E-SERVICE, dan pilih saja kolom TENAGA KERJA.

Jika kamu sudah terdaftar, umumnya kamu akan memiiki User ID E-KTP dan alamat email yang kamu pakai untuk mendaftar pun sudah tersimpan. Sehinga kamu pun bisa mengakses fitur Cek Saldo JHT langsung dari website.

Namun, jika belum kamu harus mengaktifasikannya. Setelah proses aktivasi selesai, kamu pun juga akan mendapatkan PIN Aktivasi yang langsung dikirim melalui SMS.

Untuk proses aktifasi sendiri, kamu dapat mengunjungi bpjsketenagakerjaan.go.id lalu pilhi menu registrasi. Kemudian lengkapi semua data yang ada di formulir seperti nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-ktp, nama ibu kandung, nomor handphone yang aktif dan email. Setelah data tersebut terdaftar, kamu juga akan mendapatkan PIN untuk bisa masuk dan log in di sana.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini mungkin terdengar kurang efektif jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi cabang BPJS Ketenagakerjaan domisilimu berada. Terlebih jika kamu adalah karyawan yang bekerja. Pastinya cukup sulit membagi waktu. Cara ini sebenarnya kurang begitu efisien, terlebih jika antrian di sana sedang padat. Pastinya mau tidak mau kamu juga harus datang lebih awal di pagi hari.

5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI

Nah, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya pastinya bisa kamu pilih jika kamu merupakan nasabah Bank BNI. Pasalnya, kamu bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan cukup melalui jaringan ATM BNI saja. Caranya juga cukup mudah. Kamu tinggal datangi ATM BNI seperti biasa kemudian pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di ATM.

Nah, itulah beberapa cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu lakukan. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan pilihan yang kamu anggap mudah.