Tips Cara Pintar Menggunakan Kartu Kredit untuk Berbelanja KebutuhanSehari-hari


Iklan by Google

Iklan by Google

Tips cara pintar menggunakan kartu kredit - Terkadang, ketika sedang berbelanja, seseorang dapat dengan mudah terlena dengan iming-iming promo dan potongan harga menarik.

Umumnya, situasi ini sering terjadi pada kaum wanita. Alih-alih ingin menghemat uang, yang ada gaji bulanan malah habis dalam sesaat untuk membayar tagihan kartu kreditnya yang terus membengkak.

Tidak jarang, keadaan ini membuat pusing orang yang mengalami situasi tersebut, dan lantas langsung menyalahkan kartu kredit sebagai biang permasalahan keuangan mereka.

Penggunaan kartu kredit saat berbelanja kebutuhan sehari-hari tentu tidak selamanya buruk. Besarnya tagihan kartu kredit, tentu bukan karena kesalahan kartu kredit itu sendiri, melainkan karena ketidak mampuan orang tersebut mengatur penggunaan kartu kreditnya dengan baik. Untuk itu, beberapa tips cara pintar menggunakan kartu kredit berikut bisa menjadi solusi keuangan Anda lebih terarah.

Jangan bebankan kartu kredit pada semua transaksi

Cara pintar menggunakan kartu kredit yang pertama ialah tidak menggunakan kartu kredit untuk semua transaksi. Boleh saja memanfaatkan transaksi pembayaran dengan kartu kredit, namun pastikan transaksi tersebut hanya untuk kebutuhan primer saja, seperti pulsa, uang belanja bulanan (makanan dan kebutuhan sehari-hari), perawatan kendaraan pribadi, dan biaya penting tidak terduga lainnya (berobat dan kesehatan).

Anda harus bisa memilah dengan bijak, mana saja kebutuhan yang memang dibutuhkan, dan mana pula kebutuhan yang Anda inginkan. Jika menuruti semua keinginan, tentu tidak akan ada habisnya. Keinginan manusia itu tidak terbatas, jangan berfikir untuk memenuhi semua keinginan itu, namun bijaklah dalam memenuhi kebutuhan Anda.

Biasakan menabung untuk keinginan jangka pendek

Loh bukankah tips kali ini tentang cara pintar menggunakan kartu kredit? Kenapa malah membahas tentang menabung?
Kartu kredit adalah solusi pembayaran di awal, bukan kartu sakti yang membuat Anda bisa membeli dan berbelanja apa saja. Untuk membuat anggaran belanja lebih terarah, manabung dapat menjadi salah satu caranya.

Membeli handphone terbaru, laptop tercanggih, motor sport keluaran paling baru, atau jalan-jalan dan traveling ke luar kota mungkin menjadi salah satu wacana Anda dua atau tiga bulan kedepan, bahkan di bulan ini.

Tapi, tahu kah Anda, keinginan-keinginan tersebut terkadang bukan sesuatu yang Anda butuhkan. Keinginan itu bisa saja muncul karena hasrat penasaran pada produk tersebut, ingin membeli karena teman-teman Anda sudah memilikinya, ataupun hanya sebatas ego dan gaya hidup.

Jika memang Anda merasa sangat menginginkannya, ada baiknya Anda mulai menabung dengan membuat perincian tabungan keuangan sederhana. Misalkan, Anda memiliki gaji 3.800.000/bulan, dan Anda menanggalkan 50.000 perhari untuk biaya makan dan ongkos perjalan Anda. Jika biasanya 50.000 itu terbagi untuk kebutuhan makan sebesar 35.000 dan transport 15.000, maka anggarkan biaya makan Anda menjadi 15.000 saja, dan untuk lebih hemat Anda bisa membawa minum dari rumah.

Dengan begitu, Anda bisa menyimpan uang secara rutin sebesar 20.000/hari, atau 440.000/bulan (dengan ketentuan 22 hari kerja/bulan).

Bukankah 440.000/bulan itu terlalu kecil? Jika handphone yang ingin saya beli seharga 2.000.000, berarti harus menunggu selama 5 bulanan, bukankah itu sangat lama?

Memang, tapi nilai ini adalah nilai bersih jika Anda menyisihkan tabungan dari uang makan sehari-hari saja, atau dengan kata lain di luar pengeluaran Anda yang lain.

Kartu kredit memang membantu Anda membeli berbagai produk di muka, namun Anda juga harus siap membayar saat tempo waktunya tiba. Bagaimana jika Anda tidak memiliki uang saat tempo waktunya tersebut?

Bagaimana jika uang gaji bulanan Anda ternyata habis karena kebutuhan lain yang lebih penting. Tentu malah menyulitkan Anda bukan? Jadi, menabung bisa menjadi salah satu cara mengelola keuangan Anda dengan lebih bijak.

Cari promo dan penawaran menarik transaksi dengan kartu kredit

Mungkin Anda pernah meilihat beberapa promo kartu kredit yang ada di televisi atau media massa. Promo-promo tersebut bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara pintar menggunakan kartu kredit saat berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Contohnya, kartu kredit Bank Mega yang menwarkan belanja murah dengan berbagai potongan harga menarik di Careful dan Transmart. Promo tersebut bisa mejadi solusi berbelanja Anda dengan lebih hemat.

Kunci cara pintar menggunakan kartu kredit yang sebenarnya adalah bijak dalam membeli. Jika memang ingin menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan sekunder, seperti handphone atau gadget, ada baiknya Anda teliti dahulu, fitur mana saja yang Anda butuhkan, dan bandingkan harga dan tipe yang mendekati gadget keinginan Anda. Jangan lupa menabung agar pengeluaran dan keuangan Anda lebih terarah. Kartu kredit dapat menjadi solusi jika Anda bijak dan pintar dalam menggunakannya.