Cara Merawat Nibs Maru dan G-Pen Agar Jauh Lebih Awet


Iklan by Google

Iklan by Google

Nibs maru dan G-pen merupakan pena yang kerap dipakai oleh para mangaka dalam menggambar sebuah karakter komik. 

Untuk merawat Nibs Maru dan G-pen agar tetap awet dan taha lama sebenarnya cukup mudah. Untuk kamu yang kerap menggunakan kedua pen tersebut, berikut ini tips dan cara merawat Nibs Maru dan G-pen.

Cara Merawat Nibs Maru Dan G-Pen Agar Jauh Lebih Awet


  1. Apabila kamu sudah selesai dan tidak menggunakannya lagui, cukup bersihkan dengan cara  mengelapnya dengan tissue. Lakukan hal tersebut hingga pen bersih.
  2. Nah, pastikan kamu selalu menggunakan tinta yang non-waterproof. Kenapa harus menggunakan tinta jenis ini? Tentu saja karena tinta jenis ini lebih mudah dibersihkan dengan air. Dengan begitu Nibs Maru dan G-pen kamu menjadi lebih mudah dibersihkan.
  3. Jika ada tinta yang telah mengering di sekitar area batang atau pegangan pen, kamu dapat merendamnya dengan air hangat dahulu. Setelah itu, tunggu hingga tinta yang menempel tersebut luntur. Barulah bersihkan secara merata.
  4. Saat meletakan maru dan G-pen, pastikan untuk meletakkannya dalam posisi berdiri, dengan posisi mata pena menghadap ke atas.
  5. Tidak disarankan untuk menekan mata pena terlalu keras.


Nah, itulah beberapa tips dalam merawat Nibs Maru dan G-pen agar jauh lebih awet.

Sebagai tambahan, tebal tipisnya garis yang dapat dibuat oleh Nibs Maru dan G-pen memang mudah divariasikan. Namun tetap saja, selain membutuhkan latihan, ketelatenan kamu dalam merawat pen ini juga harus diperhatikan.

Hal ini dikarenakan, karena mata penanya mudah merenggang. Selain itu, di Indonesia, pena ini pun masih sulit didapatkan. Karena tidak semua toko peralatan menggambar atau melukis menualnya. Dan produk ini pun masih diimpor dari luar, sehingga harganya cukup mahal.

Dari keduanya, Maru Pen, lebih awet dibandingkan G-Pen, karena mata pen milikinya lebih tahan lama dan tidak mudah merenggang.