Pengertian Seni Lukis Abstrak, Bagaimana Cara Memahaminya


Iklan by Google

Iklan by Google

pengertian-lukisan-abstrak

Pengertian Seni Lukis Abstrak – Seni abstrak adalah salah satu jenis kesenian kontemporer yang bukan untuk mencerminkan obyek nyata secara real. Objek yang kerap kali dipilih ialah objek dengan warna dan format yang non-representasional. Awalnya, pada abad ke-20, istilah abstrak juga dipakai secara khusus guna mendeskripsikan seni lain seperi halnya kubisme dan futuristik.

Lukisan abstrak sendiri merupakan sebuah lukisan yang dipakai untuk mengintepretasikan sebuah format dan wujud yang tidak natural dan realistis. Memang, lukisan abstrak tidaklah harus menunjukkan rupa yang real, atau objek yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itulah lukisan abstrak tergolong ke dalam sebuah format seni karya yang sarat dengan imanjinasi tinggi dengan menyiratkan begitu banyak pesan di dalamnya. Seniman yang menciptakan lukisan abstrak, memang sengaja mencari hakikat dari sebuah objek yang ia buat. Sampai-sampai, hasil lukisannya pun terlihat unik dan membingungkan.

Bagaimana cara memahami lukisan Abstrak

Memahami makna atau pesan dalam lukisan abstrak memang tidak lah mudah. Apalagi setiap orang memiliki penafsirannya sendiri, sehingga sering kali memunculkan berdebatan di antara penikmatnya.

Banyak juga pertanyaan yang kerap muncul, seperti: Ini lukisan apa ini? Bentuk Apa? Hanya seperti corat-coretan saja!

Wajar, karena memang suatu karya abstrak bukanlah karya yang menyampaikan sesuatu hal yang kongkrit. Walaupun terlihat unik dan sekilas seperti coret-coretan saja, banyak anggapan penikmat lukisan abtrak lebih didominasi oleh kaum elit dan intelek, dan pendapat ini tidaklah sepenuhnya benar.

Kamu pun sebenarnya bisa memahaminya. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya

1. Tidak perlu berpikir keras, karena lukisa abstrak bukanlah kode yang harus dipecahkan
Lukisan abstrak sejatinya bukanlah suatu teka-teki yang wajib dipecahkan penikmatnya. Ketika kamu menyaksikan sebuah karya lukisan seni abstrak, mulai lah dengan rileks, kemudian lihat dan nikmati warna atau pola yang tergambar di dalamnya. Coba gunakan imajinasi untuk merasakan dan menyelami lebih dalam pikiranmu saat melihatnya.

2. Jangan hanya melihatnya sekali, lalu langsung menyimpulkan

Jangan pernah menyimpulkan makna dalam gambarnya sebuah karya seli lukis abstrak dengan hanya sekali melihat saja. Untuk bisa memahaminya, kamu memerlukan waktu beberapa kali. Bahkan, setiap kali melihat, bisa memerlukan waktu berjam-jam atau lebih. Tapi ingat, gunakan imajinasi dan perasaanmu.

3. Jangan memikirkan bentuk lukisannya, tapi pikirkan benda lain

Selaras dengan poin sebelumnya. Lukisan abstrak memang bukan untuk ditafsir sebagai objek real. Untuk itu, coba pikirkan bend lain yang sekilas menyerupai objek lukis yang ada di dalamnya. Tidak perlu takut, pendapat kamu tersebut bukan menyoalkan salah atau benar dari tafsiran yang kamu kemukakan. Hal ini lebih mengenai tentang hal yang kamu interpetrasikan saat melihatnya.

4. Jangan terlalu emosi saat melihatnya

Terkadang beberapa penikmat karya seni abstrak akan mengalamu emosi yang kerap terbawa. Bahkan ada yang sampai menangis. Kamu tiddak perlu bingung, anggaplah seorang penikmat film pun juga bisa emosional dan mengangis ketika menyaksikan film tersebut. Ini hanya soal perasaan dan penafsiran terhadap sebuah karya saja.

5. Baca juga keterangannya

Keterangan dapat menjadi dasar kamu dalam menginterpretasikan buah pikir terhadap sebuah karya seni abstrak. Sebelum kamu berpikir jauh, ada baiknya mulai dengan membaca keterangan yang ada di sekitar lukisan tersebut.

Itulah pengertian dan tips tentang cara memahami lukisan abstrak. Walaupun bentuknya cukup unik dan berbeda, atau sekilas hanya corat-coret saja, namun jangan salah, harga sebuah karya lukis abstrak bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah loh. Hal ini juga tergantung siapa dan bagaimana pamor si pelukis tersebut.