Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler dan Banyak Dicari


Iklan by Google

Iklan by Google

Permarksaran.com - Memilih pekerjaan freelance memang penuh perhitungan. Apalagi, pekerja freelance tidak rutin selalu mendapat project, sehingga tidak menghasilkan uang rutin sama seperti halnya bekerja full time.

Namun, di balik itu semua, bekerja freelance tentunya mempunyai keuntungan tersendiri.

Pertama, pastinya jam kerja kita lebih leluwasa dan fleksible, karena kamu dapat bekerja tanpa harus berangkat ke kantor, kemudian waktu kerjanya pun dapat diseusiakan dengan yang  kamu mau.

Selain itu, karena jam kerja yang fleksible, kita pun dapatkan bekerja di lebih dari satu perusahaan secara sekaligus.

Lantas, apa saja pekerjaan freelance yang banyak dicari dan populer saat ini? Berikut ini lowongan kerja freelance yang banyak diminati pencari kerja?

  1. Penulis

Jika kita merasa mempunyai talenta dalam menulis, tentu kahlian tersebut tidak boleh disia-siakan begitu saja. Menulis adalah salah satu kegiatan yang banyak dicari pekerja freelance.

Selain itu, kini kemampuan tersebut banyak dibutuhkan. Apalagi, semakin berkembangnya dunia internet dan digital, banyak perusahaan e-commerce atupun media online yang mencari penulis freelance untuk mengisi artikel di website mereka.

Jika kita merasa bisa mengekspresikan informasi ataupun berita menarik melewati kata-kata, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang penulis freelance saja.

Selain kegiatan tersebut tidak memakan banyak waktu dan tenaga, kegemaran kamu juga dapat tersalurkan, bukan?

Setidaknya sekarang tulisan kamu dapat dibaca dan di-share oleh orang di luar sana. Menulis freelance tentunya juga sangat cocok dipilih oleh kalian para mahasiswa jurusan komunikasi.

Banyak info tentang lowongan pekerjaan penulis freelance yang dapat ditemukan di internet. Selain itu, kamu juga bisa menemukan informasi lowongan tentang penulis freelance di forum-forum seperti Kaskus.com.

Kamu bisa menggunakan keyword: content writer atau freelance content writer untuk mencari pekerjaan penulis freelance di Kaskus.com.

  1. Pemandu Wisata

Jika kita memiliki latar belakang pendidikan perguruan tinggi pariwisata, profesi freelance sebagai pemandu wisata di travel agent bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak hanya untuk kamu yang berlatar belakang pendidikan pariwisata, jika kamu suka atau hobi wisata dan jalan-jalan, profesi ini juga sangat sempurna. Tapi dengan catatan, kamu harus menyukai travelling dan mempunyai wawasan luas tentang lokasi pariwisata.

Cobalah ambil pekerjaan pemandu wisata freelance di waktu akhir pekan, supaya kamu lebih fleksibel dan bebas, serta waktu tersebut pun tidak menggangu jadwal perkuliahan atau kerja tetap kamu

  1. Guru Les Private

Kamu mempunyai pengetahuan atau keahlian pada mata kuliah atau bidang tertentu? Jika ya, kamu bisa menjadi guru les private freelance.

Karena selain uang tambahan yang bisa didapatkan, kamu juga dapat berbagi ilmu yang kamu miliki. Ingat, mengajari orang termasuk salah satu teknik belajar bagi diri kita sendiri, sehingga ilmu yang kita miliki tidak mudah terlupakan, loh.

Kamu memiliki keterampilan berbahasa asing yang mumpuni? Coba lamar kerja di lokasi atau tempat kursus bahasa asing.

Pandai matematika? Banyak anak SMA yang memerlukan les privat latihan tersebut. Apalagi jika mendekasi ujian sekolah

Orang tua mereka pun banyak yang rela membayar uang kursus agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan dan ilmu tambahan di luar sekolah.

Memang diperlukan kesabaran yang ekstra untuk itu, namun apa yang kita pelajari di bangku kuliah setidaknya dapat digunakan secara nyata. Ditambah, kita pun bisa mendapatkan penghasilan, menarik bukan?

  1. Reporter atau Kontributor

Jika kita kuliah di bidang ilmu komunikasi jurnalistik, atau minimal kita mempunyai minat di dunia jurnalistik, coba gunakan keterampilan tersebut untuk bekerja sebagai reporter freelance di media cetak atau online.

Di zaman modern saat ini, seorang jurnalis tidak mesti bekerja full time dan berada di satu kantor.

Berkat internet, citizen jurnalis sekarang dapat memberikan kontribusi dalam mengabarkan dan menyiarkan berita yang terjadi di sekitarnya.

Banyak media cetak dan online yang kini membuka lowongan part time atau freelance sebagai contributor media mereka. Walaupun tugasnya lumayan sederhana, tetapi cukup menantang.

  1. Proofreader

Kamu merasa diri kamu sangat teliti dalam editing atau proofreading suatu karya tulisan? Ada loh sejumlah media atau penerbit yang memerlukan part time dan freelance sebagai proofreader!

Tugasnya ialah mengecek serta mengoreksi naskah agar tidak terdapat kekeliruan penulisan, serta sesuai dengan EYD.

Maka dari itu, pekerjaan ini diperlukan ketelitian dan kejelian yang tinggi dalam mengkoreksi setiap tulisan yang dibacanya.

  1. Barista

Suka nongkrong di coffee shop bersama teman-teman, atau kamu suka mencoba berbagai jenis minuman baru?

Kenapa tidak mencoba menjadi baristanya saja? Lowongan sebagai barista freelance kini banyak sekali, loh. Terutama, saat ini coffee shop kian menjamur. Selain itu, jam kerjanya pun dapat dicocokkan sesuai jam kuliah kamu.

  1. Fotografer

Di zaman fotogenik kini tidak sedikit yang membutuhkan keahlian memotret foto. Banyak sekali acara atau event yang membutuhkan jasa seorang fotografer.

Salah satu contohnya adalah pesta pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan event-event konser music eksklusif lainnya.

Jika kamu sangat hobi dan menyukai dunia fotografi, tentu jika didukung keterampilan memotret dan skill editing gambar yang mempuni, kamu bisa menjadi fotografer freelance.

Cobalah dengan menawarkan keahlian tersebut kepada teman-teman terdekat dahulu. Cukup dengan bermodalkan kamera DLSR dan kemampuan memotret, kamu bisa memulai karir kamu bekerja sebagai fotografer freelance.

Hitung-hitung juga untuk mengembangkan skill fotografi kamu. Bisa saja kelak dari bisnis kecil-kecilan fotografi ini, bisnis kamu bisa menjadi besar, bukan begitu?

Profesi Freelance untuk Menambah Uang Tambahan

Sudah tahu kan jenis profesi freelance apa saja yang ada saat ini? Selain bisa mendapat uang tambahan lebih, skill dan keterampilan kita pun akan lebih terasah.

Profesi freelance yang mana menerutmu yang paling manarik untuk dijadikan pilihan?