Cara Merawat dan Menggunakan Mesin Penghancur Kertas


Iklan by Google

Iklan by Google

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Penghancur Kertas – Di setiap kantor, mungkin nama mesin ini sudah cukup familiar didengar. Mesin penghancur kertas merupakan salah satu alat perkantoran yang membantu karyawan mengurangi tumpukan kertas dan dokumen yang sudah tidak digunakan kembali. Umumnya, seperti dokumen CV calon karyawan saat seleksi, atau surat-surat yang sudah tidak terpakai.

Tidak hanya surat-surat atau dokumen umum saja, mesin penghancur kertas juga kerap digunakan untuk menghancurkan dokumen penting yang sudah tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari dokumen atau informasi yang ada didokumen tersebut bocor ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin penghancur Kertas


Kini, banyak sekali jenis mesin penghancur kertas yang ada. Daro model dengan penggunaan dasar, hingga mesin penghancur kertas berfitur modern. Anda dapat membeli mesin yang sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk menggunakan mesin prnghancur kertas, Anda dapat memulainya dengan:


  1. Sambungkan saklar mesin ke stop kontaknya terlebih dahulu
  2. Pastikan arus listrik sudah tersambung dengan baik. Cek pula agar tidak ada tumpahan air di sekitarnya mesin.
  3. Cek kembali kertas yang akan dihancurkan. Pastikan dokumen tersebut sudah tidak terpakai atau digunakan kembali. Cek juga dan pastikan tidak ada klip, staples atau benda logam lain yang masih menempel atau terdapat di dokumen Anda.
  4. Letakkan lembaran kertas tersebut ke arah mata pisau yang ada di mesin.
  5. Pegang setiap lembaran kertas dengan kuat dan hati-hati, setelah itu hidupkan mesin penghancur kertasnya. 
  6. Jika semua kertas tersebut sudah dihancurkan dan mesin tidak digunakan kembali, matikan mesin
  7. Cabut pula kabel stop kontak


Menjaga Mesin Penghancur Kertas Agar Tetap Awet


  1. Rajin membersihkan permukaan mesin dari berbagai kotoran dan debu. Cukup lap dengan kain halus saja, tanpa air.
  2. Pastikan Anda meletakan mesin penghancur kertas yang telah Anda gunakan di tempat kering. Jangan letakan di lokasi yang rawan basah atau terkena air untuk menghindari arus pendek ataupun erosi
  3. Apabila mata pisau pada mesin tersebut sudah mulai tumpul, cukup asah saja. Mengasahnyapun cukup mudah, sama seperti mengasah gunting pada umumnya.
  4. Apabila dokumen yang akan kamu hancurkan terdapat bandle kawat, stapler dan benda logam lainnya, pisahkan terlebih dahulu. Buang benda logam dan sejenisnya agar mata pisau tetap tajam dan tidak bersinggungan dengan benda logam lainnya.
  5. Jangan langsung menghancurkan 7 lembar sekaligus, Umumnya hancurkan 3 lembar secara bertahap saja. Jika dipaksakan 7 sekaligus atau lebih, mesin bisa macet.
  6. Jangan menghancurkan kertas atau dokumen yang masih basah.
  7. Jangan taruh mesin diarea dekat dengan benda bermedan magnet.
  8. Apabila Anda menggunakan jilbab atau dasi, segera pinggirkan ujung jilbab, dan gulung atau lepaskan dasi Anda terlebih dahulu.
  9. Begitu juga dengan pemilik rambut panjang. Anda dapat menguncir rambut Anda terlebih .

Itulah tips dan cara aman menggunakan mesin laminating.