Pekerjaan dan Pengertian Telemarketing Officer


Iklan by Google

Iklan by Google

Pengertian Telemarketing Officer - Telemarketing officer adalah salah satu profesi yang ditujukan untuk kegiatan pemasaran atau mensosialisasikan sebuah produk ataupun jasa kepada para konsumennya melalui jaringan line telepon.

Untuk saat ini, profesi dari telemarketing officer umumnya dilakukan oleh perusahaan provider internet, tv kabel, asuransi, pinjaman ataupun jasa lainnya .

Pada awalnya, penawaran yang dilakukan melalui telemarketing dapat dengan mudah diterima, hal ini dikarenakan sifat komunikasinya yang dilakukan secara personal ke konsumen secara langsung.

Calon konsumen yang dihubungi, umumnya corporate atau perorangan yang berada di kota-kota besar dengan aktifitas bisnis yang cukup tinggi, contohnya seperti Jakarta dan Bandung.

Tugas & Tanggung Jawab Telemarketing Officer adalah?

Para telemarketing officer umumnya diminta untuk melakukan penawaran kepada konsumen dengan  menelpon kurang lebih sebanyak 30-50 orang setiap harinya.

Waktu yang dibutuhkan untuk memprospek setiap calon konsumen kurang lebih 10 menit perorangnya. Dalam beberapa kasus pemasaran langsung, telemarketing dirasa lebih praktis karena tidak perlu membuat proposal pengajuan terlebih dahulu.

Walau begitu, kegiatan telemarketing officer ini cukup efektif jika sasaran atau market yang akan kita tuju sudah tepat.

List Jobdesk dari Telemarketing Officer


  1. Menghubungi pelanggan atau calon konsumen potensial secara berkala melalui telepon
  2. Melakukan penjualan dan menerima order atau permintaan dari konsumen
  3. Memberikan dan menjelaskan mengenai informasi produk dan jasa yang   
  4. Mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan
  5. Mengidentifikasikan semua kebutuhan pelanggan
  6. Memotivasi pelanggan agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan
  7. Mempermudah pelanggan agar membeli produk yang kita tawarkan
  8. Mengantisipasi masalah yang timbul , baik sebelum dan sesudah penjualan dan menetralisirnya
  9. Mengumpulkan umpan balik atau feedback terkait produk atau jasa yang ditawarkan


Ingin Bekerja Sebagai Telemarketing Officer? Pahami Hal Ini

Pahami Produk yang Akan dipasarkan

Produk yang dipasarkan oleh telemarketing officer, umumnya seputar produk asuransi, kartu kredit, pinjaman, paket wisata, voucher hotel, kendaraan, pinjaman dan lainnya.

Pahami Alat Bantunya

Telemarketing officer akan ditunjang dengan alat seperti telepon dan fax. Telepon digunakan untuk menghubungi calon konsumen yang potensial, sedangkan fax berfungsi sebagai alat untuk mengirimkan pricelist, proposal dan sebagainya jika diperlukan.

Namun, kini keberadaan fax sudah dapat digantikan dengan email. Telepon yang digunakan oleh para telemarketing officer umumnya sudah dilengkapi dengan headset atau hands free. Hal ini bertujuan agar para telemarketing officer lebih mudah saat menelepon dan mencatat hal-hal penting secara bersamaan.

Selain itu, di depan meja mereka pun umumnya dipasang cermin. Untuk apa? Tentu saja agar mereka dapat melihat wajahnya sendiri ketika menelepon calon prospek. Mengapa demikan, karena secara psikologis ini hal tersebut dapat meredam emosi dari para telemarketing officer ketika menghadapi calon prospek yang menjengkelkan.

Aktifitas Pemasaran Telemarketing

Aktifitas pemasaran tentu sangat luas, hal ini berlaku juga dengan kegiatan pemasaran dengan telemarketing. Tugas dari telemarketing officer, tentu tidak hanya sebatas pada penawaran produk atau jasa saja, namun juga dimulai dengan aktifitas perencanaan (plan), eksekusi (do) dan evaluasi (check).

Tapi kini, umumnya telemarketing officer hanya melakukan aktifitas penjualan saja (do). Aktifitas lainya dilakukan oleh tim lain, seperti Team Leader (TL) / Supervisor (Spv)/ Distric Sales Manager (DSM), selaku penanggung jawab utama.

Telemarketing officer biasanya tidak dapat bekerja sendirian. Setelah kesepakatan dengan prospek terjalin, proses selanjutnya yaitu pengajuan kontrak penjualan (closing) dapat dilakukan oleh tim sales.

Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk produk atau jasa yang konsumennya adalah perusahaan. Untuk jasa atau produk asuransi, biasanya akan dihandel langsung oleh telemarketing tersebut. Di mana kontrak hanya dilakukan melalui persetujuan telepon saja.

Telemarketing Officer Harus Tahan Penolakan

Seorang staf telemarketing officer pasti pernah menghadapi penolakan. Mereka juga harus tahu bagaimana memberikan jawaban yang efektif terkait penolakan yang disampaikan oleh calon konsumen tersebut.

Kemampuan handling rejection inilah yang biasanya akan meningkat seiring dengan pengalamannya ketika seorang telemarketing officer.

Jam terbang ini pulalah yang akan membedakan kualitas komunikasi antara satu telemarketing officer dengan telemarketing officer lainnya.

Dalam beberapa kasus, seorang calon konsumen yang menolak membeli dengan telemarketer A belum tentu akan menolak pula tawaran telemarketer B. Bahkan, bias saja calon konsumen tersebut tertarik dan membeli produk yang ditawarkan dalam tempo waktu yang lebih singkat ketika ditangani oleh telemarketer B.

Theathre of Mind

Inilah salah satu hal yang cukup penting dalam kegiatan telemarketing. Membangkitkan imajinasi pelanggan atau opini yang baik tentang produk dan jasa yang ditawarkan memang terlihat sulit.
Terlebih, kita hanya menawarkan produk atau jasa tersebut lewat telepon saja.

Maka, nisa dipastikan telemarketer tidak hanya harus bias berinteraksi saja, melainkan juga bisa memberikan gambaran yang jelas mengani manfaat dan kelebihan produk.

Call Record Prospek Calon Konsumen

Ini juga tidak kalah pentingnya bagi seorang telemarketing officer. Untuk prospek yang berupa perusahaan atau lembaga, setiap panggilan yang telah dilakukan harus dicatat dengan sangat jelas.

Baik itu, siapa nama PIC-nya, nomor telepon kantornya, nomor HP nya, statusnya pengambil keputusan di perusahaan tersebut, berapa lama durasi teleponnya dan bagaimana status akhirnya (prospek, hot prospek, salah sambung atau yang lainnya.

Call record ini lah yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi dari telemarketing officer tersebut.
Kurang lebih, itulah gambaran pekerjaan tentang telemarketing officer.

Jika Anda memang tertarik dengan pekerjaan telemarketing officer, Anda bias mencarinya di jobstreet atau jobsDB.