Macam-Macam Ukuran dan Jenis Kuas Lukis


Iklan by Google

Iklan by Google

Macam-Macam Ukuran dan Jenis Kuas Lukis - Hampir sama seperti aliran seni lainnya, kuas lukis juga memiliki jenis, bentuk, ukuran dan bahan yang beraneka rupa. Pemilihan watercolor brush atau kuas lukis, juga memengaruhi gaya melukis yang kita miliki.

Pemilihan jenis dan tipe tersebut tentunya berlaku untuk setiap seniman atau ilustrator dalam berkarya. Pemilihan kuas lukis juga dipengaruhi oleh jenis cat yang digunakan.

Apabila cat air umumnya bertekstur lebih halus, maka untuk kuas akrilik atau cat minyak berbeda, di mana tekstur kuas kedua cat tersebut umumnya sedikit lebih kasar. Hal ini dikarenakan kepekatan cat akrilik atau cat minyak yang lebih kuat. Pegangannya untuk cat air juga cenderung lebih pendek.

Umumnya, kuas akrilik atau cat minyak didesain untuk menunjang aktifitas melukis jauh dari jangkauan. Sehingga bentuk pegangannya akan sedikit lebih panjang dibandingkan cat air.

Macam-Macam Kuas Lukis

Macam-Macam Ukuran dan Jenis Kuas Lukis

Ada banyak macam-macam kuas lukis, seperti kuas dengan bentuk round, flat dan wash brush. Apa saja kegunaan jenis kuas lukis tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

Kuas Lukis Round

Round Brush umumnya digunakan oleh para watercolorist, hal ini dikarenakan fleksibilitas dan agrodinamisnya.

Kuas ini mempunyai bentuk yang bulat, sehingga sangat memudahkan kita dalam membuat garis tebal ataupun halus. Kuas ini sangat cocok digunakan saat melukis pada media kanvas berukuran besar.

Ukuran round brush juga beraneka ragam. Saat akan menggambar objek kecil dan mendetail, kita dapat memilih kuas round yang memiliki diameter paling kecil.

Kuas Lukis Flat atau Datar 

Jenis kuas ini berbentuk datar, dengan ferrule datar, lurus, dan umumnya sedikit pipih dan persegi. Namun, terkadang ada juga yang memiliki bentuk persegi panjang.

Hasil garis dari flat brush ini sangat baik ketika akan membuat kontur lurus. Jenis kuas lukis flat umumnya digunakan untuk melukis area tepi, khususnya yang berukuran kecil. Dengan begitu, hasilnya pun tidak akan melebar seperti round brush.

Jenis Kuas Flat Brush 

1. Bright: hampir sama seperti halnya flat brush pada umumnya, tapi jenis kuas flat ini sedikit melengkung ke dalam di ujung, sehingga berukuran sedikit lebih pendek.

2. Angular: Jenis kuas flat brush ini berbentuk diagonal atau lebih mirip seperti round brush. Karena cukup fleksibel, bentuk kuas ini pun menjadi salah satu watercolor brush favorit yang sering dipakai.

3. Filbert: yaitu jenis kuas filbert dengan ferrule datar dan bentuk yang oval. Wash brush Mop: Kuas lukis ini memiliki rambut-rambut halus yang digunakan untuk melukis di area yang tergolong besar.

Wash Brus (Mop)

Mop sendiri dibuat dari bulu tupai ataupun domba. Ketika memilih kuas lukis, tentu tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan komponen kuas tersebut juga harus disesuai dengan gambar dan media lukisnya.

Contohnya ketika kita menggunakan bidang kertas, maka pilihan yang tepat adalah kuas yang memiliki tekstur bulu halus dan lembut. Hal ini dikarenakan kuas jenis ini sangat cocok untuk jenis cat air. Di mana, medium kertas sangat cocok diaplikasikan dengan cat berjenis dasar air Apabila memilih kuas yang kasar, hal tersebut malah akan membat kertas berlubang dan warna yang dihasilkanpun lebih buram. Tidak hanya memilih jenis kuas lukis yang tepat, cara meraat kuas lukis pun tak kalah pentingnya.

Tips Merawat dan Memilih Kuas Lukis

Sesuaikan Kuas dengan Kebutuhan - Apabila kamu ingin membuat lukisan pada sebuah bidang kertas, tentu kamu harus memilih kuas dengan tekstur bulu yang halus. Namun, apabila media yang kamu gunakan adalah kanvas, maka kamu bisa mencoba berbagai jenis dan variatif kuas saat menggambar. Hal ini agar kamu bisa menciptakan dan menyesuaikan gradasi warna yang tepat.

Perhatikan Tekanan Kuas Ketika Melukis Apabila menggunakan kuas bertekstur kasar, dan kamu menggunakan tekanan yang kuat, maka kuas tersebut akan lebih mudah rusak. Umumnya, bulu-bulu kuas tersebut akan tidak lurus lagi atau bahkan mengembang.

Pilihlah Kuas dengan bulu yang Lurus - Bagaimana agar dapat tahu mana kuas yang memiliki bentuk lurus yang baik? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan jari. Gunakan ke dua jari tangan, di mana yang satu untuk memegang ujung batang kuas, dan jari tangan yang satunya lagi untuk memegang dan memutar pangkal kuas.

Dengan tips tersebut, kamu dapat memilih kuas yang memiliki kontur lurus yang baik.

Itulah beberapa tips dan penjelasan mengenai macam-macam kuas dan jenisnya.